Informasi › Berita
  • Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih di Badung Dimeriahkan Tari Kolosal Pendet dan Wira Satya Dari Kodim 1611 Badung

    Admin

    Senin, 17 Agustus 2015 01:00 WITA

    Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih di Badung   Dimeriahkan Tari Kolosal  Pendet dan Wira Satya Dari Kodim 1611 Badung
    Foto : Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih Di Badung Dimeriahkan Tari Kolosal Pendet Dan Wira Satya Dari Kodim 1611 Badung

    Kemeriahan detik-detik proklamasi di Kabupaten Badung tidak saja terlihat pada saat upacara pada pagi hari, tapi juga tampak di sore harinya. Sejumlah kesenian dihadirkan sebelum upacara penurunan bendera dimulai . Kesenian tersebut melibatkan masyarakat hingga Kodim 1611/Badung. Untuk Marching Band menghadirkan mulai tingkat TK hingga SMA, sedangkan tari kolosal berupa Tari Pendet dan Tari Wira Yuda diikuti 70 penari. Sementara dari Kodim 1611/Badung menyumbang drama tari kolosal Wira Satya.


                Juru bicara Pemkab Badung, AA Gede Raka Yuda, Senin (17/8) mengatakan, kegiatan ini dilakukan tidak hanya sebagai memeriahkan hari Kemerdekaan, tapi juga sebagai ajang para siswa untuk menunjukan potensi yang dimilikinya sehingga generasi muda terus terpacu dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya. “Penampilan Tari Pendet adalah sebagai ungkapan kedirgayusaan negara Republik Indonesia. Sedangkankan Tari Wira Yuda merupakan tari kepahlawanan yang menggambarkan sekelompok Prajurit yang siap maju kemedan perang dengan bersenjata tombak,”ujarnya.


                Lebih lanjut Raka Yuda yang juga Kabag Humas dan Protokol Kabupaten Badung ini mengatakan, untuk Drama Tari Wira Satya adalah tarian yang mengisahkan pertempuran sengit pahlawan I Gusti Ngurah Rai dengan mengajak pasukan Ciung Wanara untuk mengusir penjajah NICA. “Dikisahkan dalam drama tari tersebut pasukan Ciung Wanara dibawah pimpinan I Gusti Ngurah Rai bertempur sengit demi tegaknya NKRI. SEdangkan Judul Wira Satya ini menganung makna kesetiaan dalam pengabdian terhadap tanah air bangsa dan negara,”ungkapnya.


    Untuk penyanyi kuur aubade, kata Raka Yuda, diikuti oleh ratusan penyanyi dari SD hingga SMA. “Mereka masing-masing membawa bendera merah putih sambil melambaikan tangan, “ungkapnya.


                Sementara Pantauan di lokasi upacara aubade, masyarakat serta peserta upacara sudah berkerumun sejak Pukul 15.00 wita. Dalam upacara tersebut, sebagai inspektur upacara adalah penjabat Bupati Badung, Nyoman Harry Yudha Saka. Hadir dalam upacara tersebut, Sekda Badung, Kompnyang R. Swandika, legion Veteran Badung, Pimpinan SKPD Pemkab Badung beserta istri dan Forum Pimpinan Daerah Badung. 


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK