Informasi › Berita
  • Bupati Badung Paparkan 3 Inovasi Badung di Kemenpan RB Gde Agung : Bukti Kinerja Pemerintahan yang berorientasi pada hasil

    Admin

    Kamis, 9 April 2015 01:00 WITA

    Bupati Badung Paparkan 3 Inovasi Badung di Kemenpan RB Gde Agung : Bukti Kinerja Pemerintahan yang berorientasi pada hasil
    Foto : Bupati Badung Paparkan 3 Inovasi Badung Di Kemenpan Rb Gde Agung : Bukti Kinerja Pemerintahan Yang Berorientasi Pada Hasil

         Sebagai wujud komitmen kehadiran Pemerintah ditengah masyarakatnya, Bupati Badung A.A Gde Agung senantiasa menekankan agar capaian kinerja SKPD di Kabupaten Badung selalu dilandasi oleh komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Oleh karenanya Pemkab Badung dengan dukungan Dewan terus mendorong agar segenap SKPD di Badung mampu melakukan Inovasi guna terwujudnya satu SKPD satu Inovasi tentu saja dengan selalu berpegangan kepada Pemerintahan yang berorientasi kepada hasil "Goverment by result oriented" setidaknya hal itu yang terungkap disaat Bupati Gde Agung menjelaskan tiga inovasi Kabupaten Badung kepada Tim Penilai Inovasi Daerah di Kantor Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara, Reformasi dan Birokrasi Republik Indonesia Jakarta, Selasa (7/4) kemarin. Bupati pada kesempatan tersebut didampingi Asisten III Oka Darmawan, Kadis Pertanian Tanaman Pangan I Gst Ngrh Sudaratmaja serta Kabag. Organisasi dan Tata Laksana I Wayan Wijana.


                Bupati Gde Agung dalam pemaparannya menyampaikan Tiga inovasi tersebut yakni Inovasi GE.LA.TIK Badung ( Gerakan Berkelanjutan Anti Sampah Plastik, Musibah Membawa Berkah dari DKP Badung, selanjutnya Inovasi cegah kanker serviks, perempuan senyum dari Dinas Kesehatan dan pengembangan potensi pertanian di Badung Utara (Asparagus Ditanam, Ekonomi Mapan) dari Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan.


         Dalam pemaparannya Bupati Gde Agung mengungkapkan bahwa dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan, saat ini Distan badung memiliki sejumlah program unggulan yang meliputi Petani Mandiri Sejahtera (Tanimas), program OVOP dari aspek budidaya serta Festival Budaya Pertanian. Program OVOP dikembangkan di wilayah Badung Utara khususnya di Kecamatan Petang. Program OVOP dengan komoditi andalan yakni asparagus telah mampu merambah pasar global dan petani menjadi mampu berkreativitas serta mampu mandiri. Dan yang terpenting adalah menumbuhkan ikon unggulan. "Uji mutu yang dilakukan, asparagus Badung paling baik di asia," jelasnya.


         Selanjutnya terkait Gelatik, Bupati menjelaskan bahwa Gelatik menjadi solusi utama dalam mengatasi sampah plastik di Kabupaten Badung dengan pola secara terintegrasi dengan bekerjasama dengan seluruh sekolah, PKK dan pasar sebagai sumber utama sampah. "Sampah plastik kami tangani dari sumbernya. Gerakan Gelatik ini skalanya lokal namun berdampak global dengan mengacu pada prinsip united nation yakni save our planet. Dengan konsep menjadikan sampah itu menjadi nol (Zero Waste), dan mengolahnya menjadi sesuatu yang berharga," jelasnya. Dari tahun 2011 hingga saat ini program Gelatik sudah berhasil mengumpulkan sebanyak 170 ton sampah plastik yang sepenuhnya dijadikan uang dengan bekerjasama dengan bank sampah dan dukungan dari TPST. Kebijakan Bupati Badung tahun 2014 dengan membuat 16 TPST melalui bantuan hibah dan tanahnya harus disiapkan oleh desa sendiri.
    Inovasi ketiga, Dijelaskan dari tahun 2012, Pemkab Badung memberikan vaksinasi kanker serviks kepada siswi SMA/SMK se- Badung kelas 10 dan 11 termasuk pegawai Pemkab Badung. Hingga saat ini sebanyak 6.100 orang yang diberikan vaksinasi kanker serviks. Selain pelayanan kanker serviks, yang terbaru Badung juga telah mempunyai mobil pemeriksaan keliling kanker payudara (alat USG payudara dalam mobil). "Dari tiga bulan beroperasionalnya mobil ini sudah 313 pasien yang ditangani," imbuhnya. 


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK