Informasi › Berita
  • Festival Seni Budaya Desa Adat Kuta

    Admin

    Kamis, 26 Maret 2015 01:00 WITA

    Festival Seni Budaya Desa Adat Kuta
    Foto : Festival Seni Budaya Desa Adat Kuta

          Serangkaian Menyambut Hari Raya Nyepi Caka 1937, Desa Adat Kuta melaksanakan Festival Seni Budaya dirangkaikan dengan pemilihan Jegeg Bungan Desa se Desa Adat Kuta serta Parade Gong Kebyar anak-anak dilanjut dengan pasar Majelanggu yang mengambil tempat di Jabapura Segara Kuta pada Ngembak Penyepepian, Minggu (22/3) lalu. Acara dihadiri oleh Sekkab Badung Kompyang R. Swandika, Anggota DPRD Kab. Badung Dapil Kuta Anom Gumanti, Ketua TP. PKK Kabupaten Badung Ny. Ratna Gde Agung selaku juri pemilihan jegeg Bungan Desa Adat Kuta, Ketua Darma Wanita Persatuan Ny. Kompyang R. Swandika yang juga selaku tim juri, Camat Kuta Rai Wijaya, Lurah Kuta I Wayan Daryana, Tripika serta tokoh Masyarakat Kuta.


         Kompyang R Swandika dalam sambutannya menyampaikan, Pemerintah Daerah Kabupaten Badung memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya karena kegiatan ini dipandang sangat positif dalam memberikan dorongan kepada masyarakat untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan untuk memperkuat budaya dan adat di Kabupaten Badung khususnya di Desa Kuta. Kecamatan Kuta dan khususnya desa Adat Kuta ini tidak akan pernah kering akan kreatifitas dari kegiatan seni dan budaya. Seperti lomba ogoh-ogoh yang telah dilaksanakan pada pengerupukan yang dibuka langsung oleh Bupati Badung Anak Agung Gde Agung merupakan bagian untuk penguatan budaya kita. Kegiatan ini merupakan investasi untuk mendorong tumbuh dan kembangnya pariwisata di Kabupaten Badung dan Bali. Pemerintah yakin dan percaya dengan dilaksanakan kegiatan yang positif ini yang difasilitasi dan dibimbing oleh bendesa adat Kuta yang diikuti oleh seluruh muda mudi/truna-truni akan membuahkan srikandi-srikandi yang bisa terus mengembangbiakkan dan mengajegkan seni dan budaya di desa adat Kuta ini untuk memperkuat persatuan dan kesatuan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena melalui kegiatan ini diharapkan kehidupan seni budaya di Desa Adat Kuta tetap Lestari dan ajeg.


         Sementara itu Ketua Panitia Komang Alit Ardana melaporkan, tujuan dari kegiatan Festival Seni Budaya V Desa Adat Kuta Tahun 2015 adalah melanjutkan program tahunan di desa adat Kuta, dalam menyambut hari raya Nyepi tahun caka 1937, meningkatkan pembinaan aktivitas dan kreativitas seni budaya bali di kalangan generasi muda desa adat kuta dan sebagai ajang promosi pariwisata budaya yang dilaksanakan setahun didesa adat kuta. Tema Festival Seni Budaya kali ini adalah “Uttamajnana : Citta Sat Swabawa, artinya pikiran utama adalah pikiran murni dan berkelakuan baik. Dimana kegiatan ini dirangkaikan dengan lomba ogoh-ogoh, lomba jegeg bungan Desa Adat Kuta, Parade gong gebyar anak-anak dan pasar majelangu desa adat Kuta. 


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK