Informasi › Berita
  • Bupati Gde Agung Hadiri Upacara Rsi Yadnya

    Admin

    Jumat, 10 Oktober 2014 01:00 WITA

    Bupati Gde Agung Hadiri Upacara Rsi Yadnya
    Foto : Bupati Gde Agung Hadiri Upacara Rsi Yadnya



    Bertepatan dengan rahina Pagerwesi, Rabu (8/10), Bupati Badung A.A. Gde Agung menghadiri dua upacara Rsi Yadnya "Pediksan" yakni di Gria Anom Taman Sari, Banjar Gunung Pande, Desa Adat Tumbak Bayuh, Mengwi dan Pediksan di Gria Oka, Desa Ayunan, Abiansemal.
    Di Gria Anom Taman Sari yang mediksa yakni Ida Bagus Rai Arsana (55) bersama Istri Ida Ayu Made Janurwati (54). Sebagai Nabe pada pediksan tersebut Ida Pedanda Istri Gede Griya Bau Cemagi. Menurut Ida Bagus Putu Wija selaku Penglingsir Gria, upacara Puncak Pediksan diawali upacara ngekes, mesucian dan mediksan, dilanjutkan upacara tigang rahina. Ditambahkan, semasih walaka Ida Bagus Rai Arsana bekerja di Hotel, sementara Ida Ayu Made Janurwati berprofesi sebagai guru SD. Pada kesempatan tersebut Bupati Gde Agung menyematkan insinye tanda sulinggih kepada yang mediksa.
    Usai di Gria Anom Taman Sari, Bupati Gde Agung juga menghadiri pediksan di Gria Oka Ayunan. Yang mediksa di Gria tersebut Ida Bagus Made Sedana Manuaba (69) dan Ida Ayu Made Adriani (58), Gria Oka Desa Ayunan, Abiansemal. Penglingsir Gria IB Dirga, upacara pediksan diawali dengan upacara diksa pariksa. Dilanjutkan pada Minggu bertepatan dengan banyupinaruh dilaksanakan pengelukatan di segara. Kemarin anggara wage sinta upacara di merajan mapinton, panyekeban dan amati raga. Sementara pada Puncak Pediksan, dilaksanakan pesucian, kependak dan munggah. Sebagai Nabe Ida Pedanda Putra Pasuruan Gria Taman Lukluk.
    Sementara itu  PHDI Kecamatan IB Dipayana mewakili PHDI Badung membacakan SK PHDI menganai upacara pediksan di Gria Oka Ayunan. Dikatakan, sesudah melalui upacara mediksa,  Ida Bagus Made Sedana mabiseka Ida Pedanda Made Oka Pasuruan, dan Ida Ayu Made Adriani mabiseka Ida Pedanda Istri Rai Patni.


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK