Informasi › Berita
  • Tenaga Kontrak Damkar Badung Dilatih Penanggulangan Kebakaran

    Admin

    Rabu, 19 Maret 2014 09:06 WITA

    Tenaga Kontrak Damkar Badung Dilatih Penanggulangan Kebakaran
    Foto : Tenaga Kontrak Damkar Badung Dilatih Penanggulangan Kebakaran
    Disampaikan pula bahwa kejadian kebakaran dapat menimbulkan korban jiwa, kerugian-kerugian harta benda dan asset lainnya, baik milik masyarakat, dunia usaha dan pemerintah yang berdampak terganggunya kesehatan masyarakat, kehilangan mata pencaharian dan kerusakan lingkungan hidup. Disamping kebakaran sebagai bencana mandiri, dapat juga menjadi bencana ikutan dari ancaman gempa bumi, gunung meletus, tsunami, banjir, angin puting beliung, kerusuhan, konflik, demonstrasi dan teroris.
     
    “Untuk itu kita sudah sepatutnya selalu siap siaga dan meningkatkan peran kita dengan masyarakat untuk mengurangi resiko kebakaran, baik pada tahap pra kebakaran, saat kebakaran dan pasca kebakaran sebagimana terutang dalam manajemen pencegahan dan penanggulangan kemiskinanan,” jelasnya. Diharapkan melalui Diklat Pemadam ini, tenaga kontrak staf operasional memiliki kondisi jasmani daya refleksi yang tinggi, mampu memadamkan kebakaran dengan APAR, mampu menggunakan peralatan pemadam jenis hydrant, menggunakan dan memelihara peralatan perlindungan diri (fire jacket, helm dan safety shoes secara cepat dan tepat, mampu melaksanakan pertolongan pertama pada kecelakaan serta mampu melaksanakan sistem tali temali untuk pengamanan dan penyelamatan korban.
     
    Sementara Kadis Pemadam Kebakaran Badung Drs. I G.N.Adnyana,Amd.LLAJ selaku ketua panitia mengatakan tujuan pelatihan ini guna memberikan pengetahuan dan keterampilan teknis berkaitan dengan prosedur, teknik-teknik pemadaman serta penggunaan dan perawatan alat-alat pemadam kebakaran dan peralatan keselamatan petugas. Selain itu adanya perubahan sikap mental kedisiplinan sebagai petugas pemadam kebakaran yang handal dan tangguh, mempunyai dedikasi dan loyalitas yang tinggi terhadap tugas. Peserta yang mengikuti diklat ini sebanyak 100 orang dan dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 18 s/d 22 Maret 2014. Adapun tenaga pengajar terdiri dari tenaga organik Damkar dan Penanggulangan Bencana Provinsi DKI Jakarta, Dandim 1611 Badung, Inspektorat, BKD Diklat, PMI dan Basarnas Denpasar. 

    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK