Informasi › Berita
  • Badung Gelar Pelatihan Perencanaan, Penganggaran Rensponsif Gender

    Admin

    Selasa, 18 Maret 2014 10:26 WITA

    Badung Gelar Pelatihan Perencanaan, Penganggaran Rensponsif Gender
    Foto : Badung Gelar Pelatihan Perencanaan, Penganggaran Rensponsif Gender
    Dikatakan pula bahwa saat ini kedudukan dan peran perempuan masih belum mencapai hasil yang maksimal, hal ini tampak pada nilai IPG Kabupaten tahun 2012 baru mencapai 75,23 sementara nilai IPM Kabupaten Badung tahun 2012 telah mencapai 75,29. Dengan demikian pencapaian IPG yang lebih baik di tahun mendatang perlu terus diupayakan agar mencapai nilai yang sama dengan IPM, melalui penguatan program dan kegiatan bersifat lintas sektor dan lintas bidang untuk kesehatan, pendidikan, dan kehidupan ekonomi masyarakat yang lebih layak. Dalam upaya memperkecil kesenjangan tersebut, maka Pemerintah Kabupaten Badung telah mengeluarkan dan menempuh berbagai kebijakan salah satunya memasukan Pengarusutamaan Gender dan Perlindungan anak sebagai salah satu isu strategis dalam RPJMD.
     
    Ditambahkan pula untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan kerja keras semua pihak baik Pemerintah, swasta maupun masyarakat dengan memahami tiga prinsip utama dalam pengarusutamaan Gender yaitu menempatkan individu sebagai laki-laki dan perempuan mempunyai hak yang sama dalam mendapatkan perlindungan, demokrasi dimana laki-laki dan perempuan mempunyai hak yang sama untuk menyuarakan aspirasi dan kebutuhan mereka, pemerataan, penegakan hukum dan kesetaraan. Ketiga prinsip tersebut dapat dituangkan dalam setiap program/kegiatan dimasing masing SKPD.
     
     ”Pelatihan ini dilaksanakan sebagai upaya menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki perspektif Gender guna mendorong akselerasi pengintegrasian isu-isu Gender dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan di Kabupaten Badung dan bisa memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang proses penganggaran dan perencanaan yang Responsif Gender sehingga keberhasilan tujuan MDGs pada tahun 2015 dapat tercapai” ucapnya. Materi pelatihan ini diberikan oleh Gde Partha Kusuma Setiawan,SSTP,M.Si dan A.A. Rai Kartini,S.SOS, M.Si dari Badan Diklat Propinsi Bali dengan materi Pengarusutamaan Gender  (PUG), serta DR.Dra. Ni luh Arjani,M.Hum dari Pusat Study Wanita dan Perlindungan Anak (PSWPA) Universitas Udayana dengan materi Teknik Analisis GENDER (TAG), dimana pelatihan ini dilaksanakan selama 3 hari yang diikuti oleh seluruh SKPD di Kabupaten Badung.

    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK