Informasi › Berita
  • Badung Gelar Karya Pemahayu Jagat di Tiga Pura

    Admin

    Selasa, 18 Maret 2014 10:24 WITA

    Badung Gelar Karya Pemahayu Jagat di Tiga Pura
    Foto : Badung Gelar Karya Pemahayu Jagat Di Tiga Pura
    Sementara itu Kadis Kebudayaan IB. Anom Basma menyampaikan, karya Pamahayu jagat ini dilaksanakan di 3 (tiga) lokasi diantaranya untuk di Gunung dilaksanakan di Pura Penataran Agung Pucak Mangu, yang dipuput Ida Pedanda Putra Pasuruan dari Griya Taman Lukluk dan Ida Pedanda Budha dari Griya Tegal Jadi Tabanan, untuk di Segara dilaksanakan di Pura Luhur Uluwatu yang dipuput Ida Pedanda Gede Kemenuh dari Griya Gede Sembung dan Ida Pedanda Budha dari Griya Panti Denpasar serta untuk di Negari dilaksanakan di Pura Lingga Bhuwana Pusat Pemerintahan Mangupraja Mandala yang dipuput Ida Pedanda Putra Keniten dari Griya Kediri Sangeh.
     
    Adapun upakara yang dihaturkan di masing-masing pura berupa Bebangkit dengan Caru Wraspati Kalpa serta Wali Topeng. Untuk di Gunung yang dilaksanakan di Pura Penataran Agung Pucak Mangu dan di Segara yang dilaksanakan di Pura Luhur Uluwatu juga menghaturkan pekelem berupa Kambing. Pekuluh yang dipendak dari masing-masing pura akan dicampur menjadi satu di Pura Lingga Bhuwana yang nantinya akan dipendak oleh Desa Adat untuk melaksanakan karya Pamahayu Jagat di Desa Adat masing-masing. Tujuan dari pelaksanaan karya ini untuk memohon dan mengantisipasi terjadinya bencana alam dan kesuksesan pelaksanaan Pemilu tahun ini.  
     
    Usai di Pura Penataran Pucak Mangu, Bupati Gde Agung juga menghadiri karya Pemelaspas Bale Agung dan Peliangan di Pura Desa, Desa Adat Abiansemal. Bupati Gde Agung bersama Istri serta didampingi Kabag Humas dan Protokol A.A. Gede Raka Yuda dan Camat Abiansemal Thomas Yuniarta melakukan persembahyangan serta menyerahkan dana punia sebesar Rp. 30 juta yang diterima Bendesa Adat Abiansemal I Made Kandra Suraga. Menurut Bendesa Adat Made Kandra Suraga pembangun bale agung dan peliangan pura menghabiskan biaya sebesar Rp. 150 juta lebih. Dana tersebut bersumber dari bantuan dari Pemerintah Provinsi Bali dan Kabupaten Badung.

    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK