Informasi › Berita
  • Pembukaan Kampanye Damai Pemilu 2014

    Admin

    Minggu, 16 Maret 2014 20:04 WITA

    Pembukaan Kampanye Damai Pemilu 2014
    Foto : Pembukaan Kampanye Damai Pemilu 2014
    Pembukaan kampanye pemilu damai didahului dengan kirab yang melibatkan 500 peserta. Pembukaan kampanye pemilu damai ditandai dengan membunyikan kulkul, pelepasan balon dan burung merpati. Pada acara tersebut juga diisi penandatanganan deklarasi kampanye damai pemilu 2014 oleh para pimpinan partai politik di Badung. Bupati Badung, Ketua KPU dan Panwaslu Badung juga ikut menandatangani deklarasi tersebut. Diisi pula pembacaan Fakta Integritas penyelenggaraan pemilu tahun 2014 dan "Piagam Mangupura" Pemilu Damai 2014. Acara tersebut dihadiri Ketua DPRD Badung I Nyoman Giri Prasta, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kab. Badung, Sekda Badung Kompyang R. Swandika, Pimpinan Partai Politik serta Perbekel/Lurah se-Badung.
     
    Dalam sambutannya Bupati Gde Agung juga menekankan bahwa, tahapan kegiatan pemilu kali ini akan segera memasuki tahapan yang paling panas yaitu kampanye terbuka. Sehubungan dengan pelaksanaan kampanye pemilu damai ini, Bupati mengharapkan perlunya kedewasaan berpolitik baik ditatanan elit parpol maupun di basis massa (grass root). Janji-janji pemilu damai dengan seluruh rambu-rambunya yang sudah disepakati agar diteruskan sampai basis massa. Kalau ini dilanggar, KPU diminta untuk mengambil langkah cepat, tegas dan adil. Partai politik peserta pemilu harus mampu menegakkan kredibilitasnya dalam berkampanye. Dalam hal ini masing-masing parpol perlu menjauhkan diri dari berbagai jenis kampanye negatif (black campaign). Bupati juga minta kampanye pemilu tidak cukup hanya diatur secara limitatif aturan main yang dibuat. Namun ada nuansa moral dan etika didalamnya sehingga perlu diatur etika berkampanye sekaligus sebagai suatu frame action bagi seluruh partai politik.
     
    Sementara itu Ketua KPU Badung A.A. Gede Raka Nakula mengatakan, salah satu tahapan pemilu adalah kampanye. Dan salah satu bentuk kampanye adalah rapat umum. Kampanye rapat umum inilah yang ditunggu-tunggu masyarakat, karena melalui kampanye tersebut dijadikan momentum bagi masyarakat dalam melihat, mencermati visi misi parpol maupun calon legislatif untuk dijadikan pertimbangan dalam mengunakan hak pilihnya. Pengerahan massa dalam kampanye rapat umum adalah hak dari parpol, karena secara undang-undang parpol diberikan waktu, ruang dan media untuk bersosialisasi melalui juru kampanyenya. Namun dalam pelaksanaan kampanye rapat umum setiap parpol dan calegnya harus menjaga keamanan wilayah Badung. "Demokrasi bukan sebagai ajang untuk berpoya-poya, bahkan saling sikut, bukan pula sebagai pesta demokrasi yang memperlihatkan keegoan individu. Namun pemilu harus dimaknai sebagai hajatan rakyat yang menjalankan kedaulatannya untuk suksesi kepemimpinan lima tahun kedepan," jalasnya.
     
    A.A. Gede Raka Nakula menambahkan, dengan adanya fakta integritas penyelenggaraan pemilu dan Piagam Mangupura pemilu damai 2014 dapat dijadikan landasan kita bersama dalam mewujudkan pemilu yang demokratis, aman, damai, berkualitas dan bermartabat di Kabupaten Badung. Pada kesempatan tersebut Raka Nakula tidak lupa menyampaikan kepada masyarakat Badung yang sudah memiliki hak pilih dan tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk datang ke TPS tanggal 9 April 2014 mulai pukul 07.00 hingga 13.00 wita. Menggunakan hak pilih dengan cara mencoblos. "Satu suara menentukan nasib bangsa lima tahun kedepan," terangnya.
     

    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK