48 Mahasiswa Politeknik Kesehatan Denpasar Jurusan Gizi PKL di Mengwi

  • 2014-02-12 11:12:00
  • Admin
  • 158 Pengunjung
48 Mahasiswa Politeknik Kesehatan Denpasar Jurusan Gizi PKL di Mengwi
Sudarmanto menambahkan, pelaksanaan PKL dengan mengambil lokasi 3 desa  di Kecamatan Mengwi ini merupakan implementasi dari  dari hasil survey Mahasiswa Poltekkes tentang gizi masyarakat yang dilaksanakan dari tanggal 6 sampai 10 Desember 2013.
“Mahasiswa gizi yang melakukan PKL agar melakukan program pokok intervensi gizi seperti melakukan  upaya peningkatan pengetahuan dan ketrampilan yang menyasar ibu menyusui, ibu balita, melakukan konseling individu dan konseling gizi di Puskesmas, menyelenggarakan pembinaan penyelenggaraan posyandu, menyelenggarakan pelatihan penyegaran kader gizi, dapat mengembangkan teknologi tepat guna di bidang pangan dan gizi sesuai potensi desa serta ikut dalam kegiatan program gizi di wilayah kerja puskesmas, “ saran Sudarmanto
 
Sementara itu Bupati Badung yang dalam kesempatan tersebut di wakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan I Made Witna mengungkapkan, dengan adanya PKL Mahasiswa Poltekkes jurusan gizi ini, akan sangat membantu Pemerintah Kabupaten Badung dalam menggali permasalahan kesehatan  khususnya kondisi gizi masyarakat di tempat pelaksanaan PKL dalam hal ini 3 desa di wilayah Kecamatan Mengwi. “ Masalah gizi merupakan salah satu penentu utama kualitas SDM dalam upaya peningkatan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) di Kabupaten Badung. Untuk itu diperlukan kerjasama terpadu berbagai instansi baik pemerintah, swasta, LSM maupun Sekolah kesehatan untuk melakukan penanganan terkait masalah gizi,” ungkap Witna.
 
Lebih lanjut, Witna mengatakan, Pemerintah Kabupaten Badung telah berhasil menurunkan prevalensi beberapa masalah gizi walaupun demikian masih ada beberapa masalah gizi masyarakat seperti konsumsi garam beryodium dan asi ekslusif belum mencapai target. “ Kami harapkan PKL dapat membantu memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya asi ekslusif dan penggunaan garam beryodium dikalangan rumah tangga,” pesan Witna kepada mahasiswa PKL.
 
PKL Program Intervensi Gizi Masyarakat (PIGM) Poltekkes Denpasar Jurusan Gizi  ini mempunyai bobot 4 SKS yang diterjemahkan dalam 32 hari hari praktek kerja nyata yang dilaksanakan di desa dan puskesmas. PKL ini akan dilaksanakan mulai dari 11 Pebruari sampai 15 Maret 2014. Jumlah mahasiswa PKL sebanyak 48 mahasiswa dengan perincian 15 mahasiswa PKL di Desa Kuwum, 18 mahasiswa di Desa Sembung dan 15 mahasiswa di Desa Sobangan.