Informasi › Berita
  • Antisipasi Insiden Siber, Diskominfo Badung Gelar Sosialisasi Keamanan Siber di Lingkup Pemerintah Kabupaten Badung

    Admin Web Badung

    Selasa, 9 Juli 2024 15:18 WITA

    Antisipasi Insiden Siber, Diskominfo Badung Gelar Sosialisasi Keamanan Siber di Lingkup Pemerintah Kabupaten Badung
    Foto : Antisipasi Insiden Siber, Diskominfo Badung Gelar Sosialisasi Keamanan Siber Di Lingkup Pemerintah Kabupaten Badung

    Maraknya insiden siber yang terjadi akhir-akhir ini menjadi perhatian serius dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Badung. Upaya yang diambiil untuk mengantisipasi insiden siber di Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung, Diskominfo menggelar sosialisasi dengan melibatkan para kepala perangkat daerah pada Selasa (19/7)  bertempat di Ruang Gita Gosana, Lantai 3 Kantor Diskominfo Badung.

    Sosialisasi berkaitan dengan keamanan siber ini turut melibatkan tim IT dari masing-masing perangkat daerah.

    Kepala Diskominfo Badung IGN Gede Jaya Saputra menyatakan bahwa sosialisasi keamanan siber ini sangat penting mengingat akhir-akhir ini banyak sekali terjadi insiden siber. “Jadi hari ini kita melaksanakan kegiatan diskusi dengan teman-teman perangkat daerah terkait sosialisasi keamanan cyber bagaimana agar mereka menyadari bagaimana pentingnya keamanan cyber ini terhadap jaringan, system, data center kita dan akses-akses yang lain,” ujarnya.

    Untuk mengantisipasi gangguan siber masuk di lingkungan Pemkab Badung, Jaya Saputra mengajak perangkat daerah berbagi tugas membantu Diskominfo sebagai penyedia layanan melakukan langkah-langkah preventif dan pencegahan di masing-masing perangkat daerah.

    “Kita berbagi tugas dengan perangkat daerah yang lain. Apa yang menjadi langkah-langkah preventif di perangkat daerah, dan mana yang menjadi tugas kami sebagai pemberi layanan di Diskominfo,” kata Jaya Saputra.

    Mantan Camat Mengwi ini juga menyebut dalam diskusi tersebut ada beberapa materi yang disampaikan oleh tim teknis terkait isu-isu actual yang berkaitan dengan isu siber ini. “Bagaimana pun juga pengelolaan keamanan dan data center merupakan hal yang sangat strategis dan obyek vital yang harus kita kawal bersama  di lingkungan Pemkab Badung,” tegasnya.

    Sementara Kepala Bidang Persandian dan Statistik Diskominfo Badung Ida Ayu Gede Dewi Crishnadi, SE., M.Si., menambahkan bahwa  khususnya di Bidang Persandian dan Statistik pihaknya telah memiliki tim yang khusus menangani keamanan cyber.

    Tim ini kata dia bertugas untuk mengamankan dan menindaklanjuti insiden-insiden yang terjadi berkaitan dengan siber di lingkup Pemkab Badung. “Berkaitan dengan keamanan siber ini kita sudah ada tim. Tim ini untuk menindaklanjuti apabila ada insiden-insiden yang terjadi di Pemerintah Kabupaten Badung,” kata Dewi Crishnadi. 


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK