Informasi › Berita
  • Badung Satu - Satunya di Bali Raih Penghargaan Kinerja dengan Nilai Baik

    Admin

    Senin, 3 Februari 2014 08:13 WITA

    Badung Satu - Satunya di Bali Raih Penghargaan  Kinerja  dengan Nilai Baik
    Foto : Badung Satu - Satunya Di Bali Raih Penghargaan Kinerja Dengan Nilai Baik
    Penyerahan Penghargaan Hasil  Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Kabupaten / Kota se Indonesia Tahun 2013 yang dihadiri oleh Inspektur jendral Kemendagri,Deputi  KPK, BPK  RI ,Bapenas  serta segenap Bupati/Walikota se-Indonesia ini diserahkan secara langsung oleh Menteri Pendayagunaan  Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar yang diterima  Bupati Badung Anak Agung Gde Agung di Balai Kartini jakarta Rabu (29/1) kemarin.
     
    Bupati Badung Anak Agung Gde Agung didampingi oleh Sekda Badung Kompyang R. Swandika, Kepala Bappeda Litbang Wayan Suambara, Kepala Kesbang Pol Linmas Nyoman Suendi, Kabag Ortal Wayan Wijana serta Kabag Humas dan Protokol AA. Gde Raka Yuda mengatakan bahwa LAKIP merupakan instrumen penting dalam upaya mewujudkan percepatan reformasi birokrasi yang tercermin dengan  tersuguhnya pelayanan publik  yang semakin baik. Dikatakannya bahwa penghargaan LAKIP ini merupakan buah kerja keras bersama, terutama komitmen serta kepatuhan Pimpinan beserta segenap staf untuk dapat bekerja dengan  berorientasi pada hasil. "oleh karenanya keberhasilan meraih penghargaan ini patut disyukuri mengingat untuk meraih  nilai B memang tidak mudah, saat ini dari 451  Kabupaten/kota seluruh Indonesia , yang mampu meraih penghargaaan dengan nilai B  dalam tahun 2013 hanya 3 kabupaten dan 1 Kota  yakni Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Sleman, Kabupaten Badung dan Kota Menado.  Keberhasilan meraih  Penghargaan LAKIP dengan nilai B membuat kabupaten Badung menjadi satu - satunya kabupaten di Bali  yang mampu menyandingkan penghargaan bergengsi dalam hal tata kelola Pemerintahan yakni  WTP dengan LAKIP.
     
    Atas Apresiasi dari Kemenpan-RB atas akuntabilitas kinerja dalam tahun 2013 ini, Bupati Gde Agung  juga meneyampaikan terima kasih kepada Sekretaris Daerah, pimpinan SKPD  beserta seluruh Staf  lingkup Pemkab Badung atas kerja keras dan kekompakannya dengan menunjukkan kinerja dan prestasi  yang semakin baik, sehingga akuntabilitas kinerja pemerintah Kabupaten  badung mendapatkan penilaian yang lebih baik dengan hasil B dari Kementerian PAN-RB,” ucapnya
     
    Menteri PAN-RB Azwar Abubakar menegaskan bahwa saat ini akuntabilitas kinerja pemerintah baik di pusat dan daerah semakin membaik, hal ini menunjukkan adanya upaya-upaya dari instansi pemerintah untuk meningkatkan kinerja mereka. Kuncinya adalah komitmen dari pimpinan untuk terus menggaris bawahi kepada stafnya bahwa LAKIP ini penting," Akutabilitas kinerja yang baik dapat dilihat dari keselerasan antara rencana dengan apa yang dicapai. Laporan capaian kinerja harus selaras dengan apa yang telah direncanakan serta terhadap apa yang telah dilaksanakan sebelumnya. dikatakannya bahwa  Laporan Hasil Evaluasi  AKIP ini dapat dijadikan masukan bagi penentu arah kebijakan pelaksanaan pembangunan dalam mewujudkan tata pemerintahan yang baik " tegasnya.
     
    Menpan Aswar Abubakar juga menekankan bahwa melalui perencanaan anggaran yang berbasis kinerja ini diharapkan setiap daerah mampu melakukan inovasi terutama dalam peningkatan kualitas pelayanan publik .  lebih lanjut dia juga mengungkapkan bahwa evaluasi akuntabilitas kinerja  instansi pemerintah ini mencakup review dan evaluasi atas aspek perencaan kinerja, aspek pelaporan kinerja, dan aspek evaluasi kinerja internal, serta aspek capaian kinerja outputdan outcomenya dengan melihat hasil akhirnya" pungkasnya.
     
    Sementara Sekda Badung Kompyang R. Swandika didampingi Kabag Organisasi Wayan Wijana menambahkan bahwa Untuk mengembangkan dan memantapkan sistem Akuntabilitas instansi Pemerintah (AKIP) di Badung , sudah dibentuk TIM PENGEMBANGAN AKIP KABUPATEN BADUNG  berdasarkan Keputusan Bupati Nomor  :119 / 01 / HK/ 2014  dengan melibatkan SKPD terkait dan orang - orang yang memiliki kompetensi dalam bidang akuntabilitas kinerja.  Kedepan kata Kompyang dalam upaya meningkatkan Akuntabilitas ini akan terus diupayakan adanya keselarasan antara perencanaan , pelaksanaan dan pengawasan terhadap Program dan kegiatan yang dilaksanakan sehingga pencapaian sasaran, tujuan, visi dan misi sebagaimana tercantum dalam RPJMD 2010 - 2015 dapat terwujud dengan baik. "ujarnya.

    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK