Informasi › Berita
  • Badung Peringati Hari Kebangkitan Nasional Sekda Adi Arnawa : Tumbuhkan Spirit Kebangsaan Menuju Indonesia Emas

    Admin Web Badung

    Selasa, 21 Mei 2024 11:35 WITA

    Badung Peringati Hari Kebangkitan Nasional  Sekda Adi Arnawa : Tumbuhkan Spirit Kebangsaan Menuju Indonesia Emas
    Foto : Badung Peringati Hari Kebangkitan Nasional Sekda Adi Arnawa : Tumbuhkan Spirit Kebangsaan Menuju Indonesia Emas

    Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa menyatakan bahwa peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Ke-116 tahun 2024 tentu sangat penting sekali, tidak saja untuk mengenang bagaimana peristiwa sejarah heroik tahun 1908 dimana ketahui bersama bahwa mulai berpikirnya tokoh-tokoh muda yang tergabung dalam zaman Batavia itu yang berpikir bagaimana untuk menumbuhkan spirit kebangsaan. Dari situlah mulai muncul ada keinginan bahwa Indonesia ini dalam rangka untuk merebut kemerdekaan untuk membebaskan diri dari penjajah dan harus mendorong semangat nasionalisme persatuan dan kesatuan.

    "Terpenting yang harus diperhatikan kepada anak-anak muda kedepan peringatan Kebangkitan Nasional ke-116 tidak hanya kita lakukan secara ceremonial, akan tetapi melalui momentum ini dijadikan untuk melakukan evaluasi kembali kepada generasi muda biar tahu bagaimana perjuangan tokoh-tokoh muda terdahulu untuk mencapai kemerdekaan sekarang ini. Artinya apa yang kita lakukan sekarang ini adalah ini semua berangkat dari persatuan dan kesatuan dimana kita terdiri dari berbagai suku, agama dan budaya yang berbeda-beda yang sangat rentan untuk dipecah dan diadu domba dan ini terjadi di masa penjajahan kemarin," ucap Sekda Adi Arnawa saat menjadi Inspektur upacara Hari Kebangkitan Nasional di Lapangan Puspem Badung, Senin (20/5).

     

    Untuk itu, lanjut Sekda Adi Arnawa mengatakan bahwa melalui peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang Ke-116 diharapkan tidak saja untuk mengenang peristiwa terdahulu tetapi di satu sisi memberikan edukasi buat generasi muda kedepan untuk tetap menjaga marwah, nasionalisme, karena ini adalah menjadi fundamental buat pondasi yang kuat menuju kebersamaan Indonesia Emas tahun 2045.

    "Inilah yang harus kita pakai acuan untuk menumbuhkan spirit kebangsaan bahwa kita harus merdeka, karena kemerdekaan ini merupakan jembatan emas menuju kebebasan dari belenggu para penjajah," tutupnya.

     

    Turut hadir jajaran Forkopimda Badung, jajaran Kepala OPD di Lingkup Pemkab Badung serta undangan lainnya.


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK