Informasi › Berita
  • Wabup Suiasa Mendem Pedagingan di Pura Desa, Desa Adat Kerta, Petang

    Admin Web Badung

    Rabu, 15 Mei 2024 10:27 WITA

    Wabup Suiasa Mendem Pedagingan di Pura Desa, Desa Adat Kerta, Petang
    Foto : Wabup Suiasa Mendem Pedagingan Di Pura Desa, Desa Adat Kerta, Petang

    Wakil Bupati I Ketut Suiasa mewakili Bupati Badung menghadiri sekaligus Mendem Pedagingan di salah satu pelinggih Pura Desa, serangkain upacara Karya Agung Mamungkah, Ngenteg Linggih, Menawa Ratna, Ngusaba Desa Ngusaba Nini dan Tawur Agung di Pura Desa, Desa Adat Kerta, Desa Petang, Kecamatan Petang, Badung, Senin (13/5).

    Sebagai wujud bhakti dan dukungan pemerintah, Wabup. Suiasa menyerahkan dana upacara secara simbolis sebesar Rp1,5 Miliar dan Pemerintah Desa Petang membantu Rp 30 juta yang diterima Bendesa Adat Kerta I Wayan Gede Suwetra.

    Upacara Melaspas dan Mendem Pedagingan yang dipuput oleh Ida Pedanda Nabe Giri Kemenuh Griya Gede Kemenuh dan Ida Pedanda Istri Jelantik Putra Griya Budha Jenggala Wisaya Tebesaya Ubud ini turut dihadiri Ketua DPRD Badung yang diwakili oleh I Gst Lanang Umbara, Kadis Kebudayaan Kabupaten Badung I Gde Eka Sudarwitha, Perwakilan Camat Petang, Perbekel Desa Petang I Dewa Gede Usadi, Majelis Alit Kecamatan Petang, serta tokoh dan masyarakat Desa Adat Kerta.

     

     

    Dalam sembrama wacananya Wabup. Suiasa menyampaikan atas nama Pemkab Badung merasa bersyukur dan bahagia bisa hadir di tengah-tengah masyarakat Desa Adat Kerta serta bisa ikut ngastiti bakti dalam upacara Melaspas, Mendem Pedagingan di Pura Desa. Kehadiran Pemerintah di tengah-tengah masyarakat tidak lain untuk meringankan beban masyarakat seperti membantu pembangunan Pura Desa. “Menjadi komitmen saya selaku Wakil Bupati bersama Bapak Bupati Badung untuk selalu hadir di tengah-tengah masyarakat Krama Badung sendiri seperti saat ini, masyarakat Desa Adat Kerta melaksanakan upacara melaspas dan mendem pedagingan. Saya selaku pribadi dan Pemerintah Kabupaten Badung ngrastiti upacara ini, semoga Ida Betara sesuhunan memberikan kesejahteraan untuk bumi ini, serta diberi kerahayuan dan kelancaran dalam melaksanakan upacara,” ucapnya.

     

     

    Terlaksananya karya agung di Pura Desa, Desa Adat Kerta ini, lanjut Suiasa, karena masyarakat/krama telah mampu melaksanakan kewajiban utama yang berkaitan dengan agama, salah satunya bersama-sama memiliki komitmen untuk memperbaiki pura dan melaksanakan upacara yadnya seperti sekarang. Ini merupakan wujud nyata dan sinergitas, kebersamaan, hasil komunikasi dan koordinasi antara masyarakat sehingga upacara ini bisa terlaksana," tutup Suiasa.

     

     

    Sementara itu Manggala karya I Wayan Gede Suwetra, menyampaikan banyak terima kasih atas kehadiran Bapak Wakil Bupati Badung bersama undangan lainnya, dimana masyarakat Desa Adat Kerta melaksanakan upacara Karya Agung Mamungkah, Ngenteg Linggih, Menawa Ratna, Ngusaba Desa Ngusaba Nini dan Tawur Agung di Pura Desa, Desa Adat Kerta. “Puncak karya jatuh pada Anggara Kliwon Prangbakat tanggal 28 Mei 2024 yang akan datang dan pada tanggal 13 Mei 2024 dilaksanakan upacara Caru Manca Kelud, Rsi Gana, Mendem Pedagingan dan Melaspas. Adapun persiapan pelaksanaan upacara ini kami masyarakat Desa Adat Kerta sudah dimulai dari Umanis Galungan dan biaya yang kami gunakan berasal dari bantuan Pemerintah Kabupaten Badung sebesar Rp 1,5 miliar, Jaton Bakti krama masyarakat dan punia-punia dari masyarakat setempat serta masyarakat lainnya. Inilah dana yang kami pergunakan untuk pelaksanaan upacara di Pura Kahyangan Desa, dan juga dari Bapak Perbekel Desa Petang sudah dari awal ikut serta membantu kami dalam perbaikan Pura Pucak Alit dengan tenggang waktu yang singkat bisa selesai dan dipelaspas saat ini,” jelasnya.


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK