Informasi › Berita
  • Badung Buka Sawah Baru Seluas 100 Ha di Subak Pangsut Sari Br. Sidan

    Admin

    Senin, 20 Januari 2014 17:09 WITA

    Badung Buka Sawah Baru Seluas 100 Ha di Subak Pangsut Sari Br. Sidan
    Foto : Badung Buka Sawah Baru Seluas 100 Ha Di Subak Pangsut Sari Br. Sidan
    Bupati Gde Agung juga mengungkapkan bahwa, pembuatan terowongan yang telah dikerjakan selama 3 (tiga) tahun tersebut saat ini mengalami sedikit kendala akibat kerasnya tanah yang akan digali. "Sebetulnya terowongan sepanjang 8 km tersebut hampir rampung, hanya tinggal 35 meter. Karena terhambat kerasnya tanah yang melintasi terowongan itu, Pemkab bersama krama subak melakukan upaya sekala dan niskala," ujar Bupati. Secara niskala telah dilaksanakan upacara ngendag tirta kapialang watu yang dipuput pemangku setempat bersama Jero Gede Batur dan Mangku Gede Pucak Mangu guna memohon petunjuk dan kelancaran jalannya proyek. Selain itu Bupati mengharapkan adanya sebuah turus lumbung sebagai pelinggih pengulun carik guna memohon kehadapan ida bhatara sri karena akan membuka sawah baru. Sementara secara sekala kata Bupati, akan diupayakan menggunakan teknologi Jepang yakni alat jeking semi mekanis. Alat ini mampu membuat terowongan sepanjang 5 meter dalam sehari sehingga 35 meter yang belum tembus dapat dirampungkan dalam sepekan. "Kami telah perintahkan Kadis Bina Marga dan Pengairan bersama tenaga teknis dari Jepang melakukan survey dulu, setelah itu pengiriman alatnya lanjut terowongan dapat dikerjakan," jelas Bupati seraya menambahkan pengerjaan secara manual juga tetap dilakukan.
     
    Ditambahkannya, pembuatan terowongan ini, selain dari swadaya krama subak, Pemkab Badung juga membantu melalui Bantuan Keuangan Khusus (BKK) sejak awal hingga akhir 2013 senilai Rp. 725 juta dan tahun ini kembali dibantu sebesar Rp. 300 juta sehingga jumlahnya mencapai Rp. 1,25 M. Selain terowongan, di tahun 2014 ini Pemkab Badung juga akan membangun bendungan di hulu terowongan senilai Rp. 2,6 M. Selain itu di hilir juga dibangun jaringan irigasi serta penataan terasering sawah, diharakan awal 2015 sawah sudah bisa ditanami padi.
     
    Kelian Subak Pangsut Sari I Wayan Badung mengatakan dengan terwujudnya Terowongan ini, krama subak Pangsut Sari yang berjumlah 61 orang akan dapat membuat sawah baru seluas 100 Ha lebih. Ia mengakui memang pembangunan terowongan  kini sedikit terhambat akibat terhalang kerasnya tanah, untuk itu krama subak secara niskala memohon kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa agar Beliau memberi petunjuk dan jalan sehingga pengerjaan terowongan yang masih 35 m dapat dituntaskan tahun ini. Dijelaskannya terowongan setinggi 180 cm dan lebar 60 cm dengan panjang 8 km tersebut mulai dikerjakan 3 tahun lalu melalui dana dari swadaya krama subak Rp. 300 juta, bantuan Pemkab Badung Rp. 725 juta. Menurutnya, alih fungsi dari sebelumnya berupa lahan tanaman hultikultura dan jeruk ke lahan basah ini, pertama kebutuhan masyarakat terhadap beras dan kedua guna mendukung upaya pemerintah khususnya dalam ekstensifikasi lahan pertanian dengan membuka lahan sawah baru.

    Upacara ngendag toya juga dihadiri Kepala Bappeda Litbang I Wayan Suambara, Kadispenda I Wayan Adi Arnawa, Kadis Pertanian Perkebunan dan Kehutanan IGAK Sudaratmaja, Kadis Bina Marga dan Pengairan IB Surya Suamba, Camat Petang serta krama Subak Pangsut Sari.

    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK