Informasi › Berita
  • Kabupaten Badung Peringati Hari Pangan Se-Dunia

    Admin

    Jumat, 6 Desember 2013 12:33 WITA

    Kabupaten Badung Peringati Hari Pangan Se-Dunia
    Foto : Kabupaten Badung Peringati Hari Pangan Se-dunia
    Dijelaskan, secara garis besar ada tiga aspek dalam mewujudkan ketahanan pangan masyarakat, yaitu aspek ketersediaan yang berkenaan dengan tersedianya pangan yang cukup baik kuantitas maupun kualitasnya, aspek distribusi berkaitan dengan distribusi yang merata, lancar, sampai ketingkat rumah tangga dengan harga yang terjangkau serta aspek konsumsi dan keamanan pangan berkenaan dengan pola konsumsi yang memenuhi kaidah-kaidah kesehatan dan keamanan pangan. “Kita patut bersyukur, Kabupaten Badung telah 3 (tiga) kali meraih penghargaan Ketahanan Pangan dari Presiden RI melalui Program Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN) yaitu tahun 2009, 2010 dan Tahun 2012. Hal ini menunjukkan Kab Badung telah mampu mencapai peningkatan produksi beras melebihi 5 % dari target yang harus dicapai,” jelasnya.
     
    Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Setda Kab. Badung Dewa Gede Joni Astabrata, SP,MSi selaku ketua panitia melaporkan, tujuan pelaksanaan kegiatan hari pangan se-dunia adalah meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat serta para pemangku kepentingan terhadap pentingnya penyediaan pangan yang cukup dan bergizi bagi masyarakat. Selain itu sebagai sarana penyebaran informasi kepada masyarakat tentang pentingnya optimalisasis sumber daya lokal untuk kemandirian pangan dan sebagai wahana untuk mempromosikan seluruh potensi bidang pertanian, kehutanan, kelautan dan perikanan secara efektif dan efisiensi pada waktu, tempat dan sasaran yang tepat.
     
    Tema Nasional yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat sekaligus merupakan tema tingkat daerah yakni “Optimalisasi Sumber Daya Lokal melalui Diversifikasi pangan menuju kemandirian pangan dan perbaikan gizi masyarakat”. Adapun jenis kegiatan dalam pelaksanaan peringatan Hari Pangan Se-Dunia ke-33 Tahun  2013 adalah pameran hasil pangan olahan dari kelompok wanita tani Binaan Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kab Badung, Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kab Badung, Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kab Badung. Pameran dari Tim Penggerak PKK Kabupaten, Pameran dari tim Penggerak PKK kecamatan dan Pameran dari kelompok KTNA Kab Badung.
     
    Puncak peringatan HPS diisi dengan penyerahan penghargaan dalam rangka Peringatan Hari Pangan Se-dunia dengan katagori pemenang evaluasi dan penghargaan ketahanan pangan Tingkat Kab Badung Tahun 2013. Katagori Pemenang Hasil Penilaian UPJA berprestasi tingkat Kab Badung Tahun 2013, Katagori pemenang lomba Kelompok Wanita Tani Pangan dan Kebun tingkat Kab Badung Tahun 2013 dan Katagori Penerima penghargaan/Hadiah evaluasi dan peningkatan mutu intensifikasi padi dan kedelai di Kab Badung Tahun 2013.

    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK