Informasi › Berita
  • Empat Desa di Badung Raih Penghargaan ProKlim Dari Kementerian LH

    Admin

    Jumat, 6 Desember 2013 12:22 WITA

    Empat Desa di Badung Raih Penghargaan ProKlim Dari Kementerian LH
    Foto : Empat Desa Di Badung Raih Penghargaan Proklim Dari Kementerian Lh
    Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Badung I Ketut Sudarsana yang ikut mendampingi keempat Kepala Desa tersebut menekankan bahwa, Pola Nasional sekarang telah menyatakan bahwa pelaksanaan pembangunan harus “Pro Environment” dalam rangka mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Dijelaskan, Pemerintah Kabupaten Badung sejak dulu telah berkomitmen melaksanakan pembangunan yang “pro environment” (pelestarian lingkungan). Komitmen tersebut telah pula dituangkan kedalam lima prinsip dasar pembangunan berkelanjutan di kabupaten Badung yakni pro growth, pro jobs, pro poor, pro culture dan pro environment.
     
    “Pro environment memang sudah seharusnya dijadikan dasar dalam pelaksanaan pembangunan, dimana Bapak Bupati Badung telah mencanangkan sejak dulu sebagai salah satu dari 5 prinsip dasar pembangunan di Kabupaten Badung yang sekarang telah menjadi Pola Nasional,” jelasnya. Ketut Sudarsana menyatakan bahwa menegakkan Hukum Lingkungan akan tetap menjadi prioritas kedepan. Untuk itu dalam waktu dekat Pemerintah Daerah akan mengukuhkan PPLHD (Petugas Pengawas Lingkungan Hidup Daerah) yang merupakan ujung tombak penegakkan Hukum Lingkungan Hidup di Kabupaten Badung.
     
    Ketut Sudarsana menambahkan, dalam pemberian penghargaan ProKlim ini, Pemerintah Kabupaten Badung melalui Badan Lingkungan Hidup mengusulkan empat desa dimaksud. Dari usulan itu, Tim dari Kementerian LH melakukan verifikasi pada bulan Nopember lalu. Verifikasi tersebut mencakup beberapa kegiatan yang meliputi; pengendalian kekeringan, banjir dan longsor, peningkatan ketahan pangan, pengendalian penyakit terkait iklim, pengelolaan sampah dan limbah padat, pengolahan dan pemanfaatan limbah cair, penggunaan energy baru, terbarukan dan konservasi energy, peningkatan tutupan vegetasi serta pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. “Dari penilaian dan verifikasi Tim Kementerian LH menyatakan empat Desa tersebut layak diberikan penghargaan proklim dengan nilai rata-rata diatas 80,” jelasnya seraya menambahkan penghargaan ProKlim diberikan kepada pemerintah terbawah dalam hal ini desa yang dinilai mampu melakukan upaya-upaya dalam rangka Mitigasi dan Adaptasi perubahan iklim.

    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK