Informasi › Berita
  • Dorong Pengelolaan Arsip Berbasis Masyarakat, Badung Gelar SIKD dan AMD

    Admin

    Rabu, 27 November 2013 14:47 WITA

    Dorong Pengelolaan Arsip Berbasis Masyarakat, Badung Gelar SIKD dan AMD
    Foto : Dorong Pengelolaan Arsip Berbasis Masyarakat, Badung Gelar Sikd Dan Amd

    Bupati Badung dalam sambutannya yang dibacakan Putu Oka Swadiana menyampaikan, sejalan dengan rancangan program Pemerintah Pusat yakni program SIKD dan AMD yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen baik yang memiliki nilai sejarah maupun yang terkait dengan pelaksanaan Pemerintah, maka hal ini perlu dipelajari dan selanjutnya diaplikasikan pada SKPD dan Desa/Kelurahan di Lingkungan Pemerintah Kab Badung sehingga dapat terwujud arsip yang memiliki nilai guna dan dapat diselamatkan.

    Program ini merupakan system informasi pengelolaan arsip dimana SKPD dan Desa/Kelurahan merupakan struktur Pemerintah yang paling produktif menghasilkan arsip, sehingga diharapkan mampu menjadi ujung tombak tertib pengelolaan arsip Pemerintah. Pentingnya pengelolaan arsip mengingat arsip dapat dijadikan salah satu sumber informasi penting dan memberikan gambaran yang nyata karena pada umumnya pengelolaan arsip di Desa/Kelurahan dan SKPD masih belum sesuai seperti yang diharapkan. “Melalui SIKD dan AMD diharapkan pelayanan administrasi Pemerintahan dimasa mendatang akan lebih meningkat serta seluruh elemen aparat birokrasi semakin sadar bahwa arsip bernilai guna administrasi, hukum, keuangan, ilmiah, kebuktian dan teknologi,” jelasnya.

    Kepala Kantor Arsip Daerah Kab. Badung Drs. A.A. Ngurah Agung Sastrawan selaku ketua panitia melaporkan bahwa pelaksanaan Bimtek SIKD dan AMD bertujuan meningkatkan kualitas tenaga pengelola arsip dimasing-masing SKPD dan Desa/Kelurahan sehingga mempunyai kemampuan dan ketrampilan di bidang pengelolaan arsip, sehingga tujuan yang diharapkan dapat dicapai dengan efektif dan efisien berhasil guna dan bernilai guna. Peserta Bimtek diikuti oleh 104 orang dari staf yang menangani kearsipan dari masing-masing SKPD dan Desa/Kelurahan di Lingkungan Pemkab Badung. Bimtek dilaksanakan selama 2 tahap, tahap I Bimtek SIKD dari tanggal 26 s/d 27 Nopember 2013 dan tahap II AMD dari tanggal 28 s/d 29 Nopemebr 2013. Materi disajikan oleh Instruktur dari Arsip Nasional Republik Indonesia.

    Disela-sela acara pembukaan bimtek juga diumumkan juara dan penyerahan piala lomba kearsipan antar SKPD yang diikuti 8 SKPD dilingkungan Pemkab Badung. Penilaian lomba arsip antar SKPD telah dilaksanakan dari tanggal 1 s/d 15 Juli 2013 lalu. Juara I diraih Kantor Pemberdayaan Perempuan, juara II Kantor Perpustakaan, juara III Kantor Camat Kuta Selatan.


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK