Informasi › Berita
  • Bupati Gde Agung Terima Bupati Blitar

    Admin

    Selasa, 26 November 2013 09:47 WITA

    Bupati Gde Agung Terima Bupati Blitar
    Foto : Bupati Gde Agung Terima Bupati Blitar
     
    Menurut Bupati Blitar Herry Noegroho, pengembangan sektor pariwisata telah menjadi salah satu prioritas Pemerintah Kabupaten Blitar. Namun diakui dalam pengembangan tersebut masih banyak kendala yang dihadapi terutamanya masalah infrastruktur menuju obyek wisata yang belum tertata dengan baik. "Kabupaten Blitar memang banyak memiliki obyek wisata seperti wisata syarah makam Bung Karno dan wisata budaya candi penataran serta wisata alam. Namun kami belum dapat menggarapnya dengan optimal. Untuk itu kami mohon masukan dari Badung yang telah berhasil mengembangkan sektor pariwisata sehingga menjadi sektor unggulan penunjang Pendapatan Daerah," jelasnya seraya menyatakan apa yang didapat dari Badung ini mudah-mudahan dapat  diterapkan di Kabupaten Blitar sehingga sedikit demi sedikit obyak pariwisata di Blitar mampu dikembangkan dan menjadi daya tarik pariwisata.
     
    Sementara Bupati Badung Gde Agung menyampaikan terima kasih atas dipilihnya Badung sebagai obyek kunjungan. Dijelaskan bahwa sektor pariwisata memang menjadi sektor andalan disamping pertanian dalam arti luas dan UMKM. Hampir 80% lebih pendapatan Badung bersumber dari sektor pariwisata. Dikatakan, pariwisata Badung dan Bali umumnya sempat mengalami keterpurukan akibat bom Bali tahun 2002 dan 2005. "Akibat aksi teroris tersebut pariwisata menjadi mandeg dan dapat dikatakan sebagai proses pemiskinan rakyat karena pendapatan dari pariwisata menurun hingga 30% lebih sehingga kami tidak dapat melayani masyarakat dengan maksimal," katanya. Aksi tersebut juga berdampak sosial bagi pekerja pariwisata dan sektor informal seperti UMKM dan pertanian/perkebunan petani Badung Utara.
     
    Namun, semenjak peristiwa tersebut, Kabupaten Badung telah mampu melakukan recovery sektor pariwisata dengan dilaksanakannya berbagai event-event berskala nasional, regional maupun internasional di Nusa Dua. "Kini kami kembangkan pembangunan pariwisata yang berkelanjutan yang mendukung sektor ekonomi kreatif dan pertanian," jelas Bupati Gde Agung.
     
    Dalam stategi mengembangkan pariwisata, kata Gde Agung, Badung kini menuju pada quality tourism. Menuju Quality Tourism, Badung telah menyiapkan infrastruktur yang baik untuk mendukung pariwisata seperti akomodasi, infratruktur jalan (JDP dan Underpass), Bandara Ngurah Rai termasuk BNDCC Nusa Dua. Kesemua itu berkembang bersama-sama dengan pengembangan MICE (Meeting, Insentive, Conferency, Exebition).
     
    "Pengembangan quality tourism tak cukup sampai disitu, untuk itu Badung berupaya membangun pariwisata berbasis masyarakat dengan pengembangan desa wisata di Badung Utara. Dengan demikian pengembangan pariwisata di Badung multi dimensi," pungkas Bupati.

    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK