Informasi › Berita
  • Tingkatkan Keberdayaan Masyarakat Pemkab Badung Gelar Pelatihan LPM dan KPM

    Admin

    Rabu, 20 Februari 2013 10:07 WITA

    Tingkatkan Keberdayaan Masyarakat  Pemkab Badung Gelar Pelatihan LPM dan KPM
    Foto : Tingkatkan Keberdayaan Masyarakat Pemkab Badung Gelar Pelatihan Lpm Dan Kpm

             Kepala BPMD dan Pemdes Kab. Badung Putu Gede Sridana, menyampaikan dalam upaya percepatan pembangunan di Kab. Badung saat ini Desa/Pedesaan adalah wilayah yang masih terus menerus mendapat perhatian secara khusus dan komprehensif, program-program pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah  Daerah sebagian besar diarahkan dan bermuara di Pedesaan. Karena sebagian besar penduduk  bertempat tinggal diwilayah pedesaan dan umumnya masih ada yang menjalani kehidupan dalam kondisi relatip miskin dan kekurangan.

    Dalam rangka meningkatkan keberdayaan dan kemandirian masyarakat dalam pengelolaan pembangunan secara partisipatif, dengan melalui pendekatan program dan kegiatan yang difokuskan pada upaya pemantapan dan peningkatan keberdayaan masyarakat dalam aspek ekonomi, sosial, budaya dan lingkungan. Untuk itu diperlukan Pemdes yang memiliki kemampuan untuk mengenali dan mengendalikan setiap permasalahan dan kebutuhan masyarakat dalam seluruh aspek kehidupannya termasuk peningkatan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan pembangunan bersama lembaga yang ada didesa serta untuk memperkuat komitmen kita semua,”ucapnya.

          Dibutuhkan koordinasi dan komitmen yang tinggi untuk memantapkan penyelenggaraan Pemdes dalam upaya meningkatkan pelayanan publik, melalui berbagai program dan kegiatan pelatihan, fasilitas dan bimbingan teknis. Dengan demikian peran dan fungsi lembaga masyarakat seperti LPM dan KPM sebagai mitra Pemdes dalam memperdayakan masyarakat dapat lebih dioptimalkan untuk menggerakkan dan mengembangkan gotong royong dan swadaya masyarakat khususnya dalam proses perencanaan pembangunan yang partisipasif.

    Para peserta agar mengikuti pelatihan dengan baik/optimal sehingga berbagai informasi terkait dengan peningkatan kapasitas penyelenggaraan Pemdes dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk merumuskan langkah-langkah strategis dalam mendukung peningkatan kapasitas penyelenggaraan Pemdes kedepanya sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat di Desa,”harap Sridana.

                  Sementara Ketua Panitia Pelatihan LPM dan KPM Desa/Kelurahan se-Badung Drs. Nyoman Adi Wiratma melaporkan tujuan dari pelatihan ini untuk dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dan semangat pengabdian kerja dari seluruh anggota LPM dan KPM di Pedesaan/Kelurahan. Sasarannya untuk meningkatkan peran para anggota agar dapat meningkatkan kerjasama/kemitraan antara aparatur Desa dengan Kelurahan.  Pelatihan dilaksanakan selama 6 hari mulai 19 sampai 28  Pebruari 2013 bertempat di ruang pertemuan BPMD dan Pemdes Pusat Pemerintahan Mangupraja Mandala Kab. Badung.


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK