Informasi › Berita
  • Bupati Gde Agung

    Admin

    Senin, 14 Oktober 2013 13:32 WITA

    Bupati Gde Agung
    Foto : Bupati Gde Agung
    Sebagai wujud nyata dukungan serta empati untuk turut mendoakan dan mensukseskan karya Nyekah massal tersebut, Bupati Gde Agung turut terlibat dalam rangkaian karya yang tergolong suci dan sakral yakni ikut ambil bagian dalam ngajum sekah/puspa yang dilaksanakan bersama masyarakat. Dalam ngajum sekah tersebut tersebut Bupati Gde Agung didampingi Bendesa Desa Adat Legian I Gst Ngurah Sudiarsa, ketua panitia karya yang juga sebagai Ketua LPM Desa Legian A.A. Made Oka Fariana beserta anggota inti panitia karya nyekah Tahun 2013 di bale peyadnyan di areal Pura Dalem Kahyangan Desa Adat Legian.
     
    Disela-sela pelaksanaan karya Ngajum Sekah, Bupati Gde Agung menjelaskan bahwa upacara Nyekah ini merupakan bagian dari pelaksanaan swadarma  atau sesana para perti sentana untuk melaksanakan kewajibannya (Rna) kepada leluhur. “Pelaksanaan ngaben massal dan nyekah massal dapat meringankan beban masyarakat dalam dalam melaksanakan swadarmanya terhadap leluhur. Serta dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan persatuan masyarakat yang telah terbangun. Ini merupakan esensi dasar dari suksesnya pelaksanaan karya nyekah massal yang sedang dilaksanakan ,” ungkap Gde Agung.
     
    Sementara itu  Bendesa Desa Adat Legian I Gst Ngurah Sudiarsa melaporkan, karya nyekah masaal ini merupakan agenda 5 tahunan. Untuk karya Nyekah Massal tahun 2013 ini, puncak karyanya dilaksanakan pada tanggal 12 Oktober 2013 yakni purwa daksina dimana pada tanggal 11 Oktober 2013 dilaksanakan karya ngajum sekah. Sementara 15 Oktober akan dilaksanakan Nyegara gunung dan ngelinggihang.
     
    I Gst Ngurah Sudiarsa menambahkan, karya nyekah massal ini menghabiskan dana sebesar 1,5 milyar yang berasal dari dana punia pengarep sawa, dana punia warga dan donatur, bantuan dari LPD serta berasal dari kas Desa Adat Legian. “Jumlah sawa dalam ngaben massal 68 sawa, ngelungah 5 orang, ngelangkir 19 orang sementara peserta nyekah sebanyak 82 sekah,” tambahnya.Sebagai wujud dukungan dan apresiasi terhadap pelaksanaan karya nyekah massal ini, Bupati Gde Agung menyerahkan punia sebesar Rp. 25 juta yang diterima Bendesa Desa  Adat Legian I Gst Ngurah Sudiarsa.
     
    Hadir dalam kesempatan tersebut DPRD Dapil Kuta Puspanegara, Kabag Humas dan Protokol A.A. Gede Raka Yuda, Camat Kuta, Lurah di lingkungan Kecamatan Kuta, Kapolsek Kuta, Danramil Kuta serta masyakat Desa adat Legian.

    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK