Informasi › Berita
  • Anggaran JKKB Manguwaras Meningkat, Antusias Masyarakat Melesat Dari Rp 4 M Melonjak 100 Persen Pert

    Admin

    Jumat, 11 Oktober 2013 10:37 WITA

    Anggaran JKKB Manguwaras Meningkat, Antusias Masyarakat Melesat Dari Rp 4 M Melonjak 100 Persen Pert
    Foto : Anggaran Jkkb Manguwaras Meningkat, Antusias Masyarakat Melesat Dari Rp 4 M Melonjak 100 Persen Pert
    "Pak Bupati tahun 2013 ini menaikkan anggaran jaminan kesehatan menjadi Rp 8 miliar. Dari jumlah anggaran sebelumnya Rp 4 miliar. Bahkan, untuk tahun depan dalam tahun 2014 mendatang bahkan sudah terpasang  sebesar Rp 12 miliar. Ini bukti kalau Pak bupati selaku pimpinan daerah sangat komit untuk meningkatkan derajat  kesehatan masyarakat," papar Kabag Humas dan Protokol, A.A Gede Raka Yudha, Kamis siang (10/10).
    Ditanya habisnya dana anggaran jaminan kesehatan sebelum waktunya, juru bicara Bupati ini menegaskan, anggaran habis di luar prediksi pemerintah karena kita juga tidak mengetahui secara pasti berapa orang yang akan jatuh sakit. Ini karena jumlah pasien yang melonjak drastis dibandingkan tahun lalu. Tahun 2012 anggaran sebesar Rp 4 miliar yang disediakan mampu meng-cover semua pasien. Atas dasar itu, lanjut Gung Raka, pemerintah menaikkan anggaran 100 persen (Rp 8 miliar) pada tahun 2013. "Tapi, nyatanya tahun 2013 dana tersebut kurang. Dari hasil evaluasi kami, ternyata terjadi trend pengobatan menggunakan JKKB. Tidak hanya warga kelahiran Badung, warga luar Badung yang sudah berdomisili dan memiliki KTP Badung juga akan ditanggung," paparnya.

    Lebih jelas, dikatakannya begitu bupati mengetahui dana anggaran habis belum waktunya, maka guna merespon kebutuhan pelayanan untuk sisa waktu yang ada ini, bupati Gde Agung  langsung memerintahkan tim anggaran konsultasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Tujuannya agar penggunaan dana tambahan bisa dipertanggung jawabkan secara administrasi dan hukum di kemudian hari. "Dana atau anggaran sebenarnya bagi kami  di Kabupaten Badung ada dan tersedia,Tapi perlu langkah cermat dan kehati-hatian agar tidak menyalahi peraturan perundang-undangan yang berlaku. Karena itu pak Bupati memerintahkan tim anggaran agar segera konsultasi ke BPK," tandasnya.
    Menurut Gung Raka, antusias masyarakat memanfaatkan jaminan layanan kesehatan Krama Badung ini terus meningkat, terbukti dari data yang ada dalam tahun 2013 ini jumlah pasien kemoterafi rata-rata perbulan 20 orang dengan anggaran total mencapai 1-2 Milyar, hemodialisis 75 kasus dengan anggaran 1samapi 2 Milyar, cancer rata rata 10 kasus perbulan dengan menghabiskan anggaran total 1,5 Milyar, penanganan penyakit jantung 12 pasien dengan dengan biaya rata-rata 30 samapi 50 juta sedangakan untuk penanganan Leukemia 3 kasus perbulan dengan anggaran 20 sampai 50 juta. dari data ini menjai bukti bahwa pelayanan kesehatan di Gumi Keris mengalami peningkatan kualitas. "Yang jelas Pak bupati sangat konsen dalam meningkatkan pelayanan kesehatan. Jadi, masyarakat tidak perlu takut atau resah," pungkasnya.

    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK