Sekda Adi Arnawa Sembahyang Bersama di Pura Desa dan Pura Puseh Desa Adat Carangsari

  • 2022-05-27 10:01:49
  • Admin Web Badung
  • 33 Pengunjung
Sekda Adi Arnawa Sembahyang Bersama di Pura Desa dan Pura Puseh Desa Adat Carangsari

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa menghadiri Upacara Piodalan di Pura Desa dan Pura Puseh Desa Adat Carangsari, Rabu (25/5).  Upacara Piodalan kapuput olih Ida Pedanda Istri Griya Kemenuh dari Griya Bebalang Carangsari turut dihadiri Penglingsir Puri Agung Carangsari, Anggota DPRD Badung I Gst Agung Ayu Inda Trimafo Yudha, Kadis Kebudayaan Kabupaten Badung I Gde Eka Sudarwitha dan Perbekel Desa Carangsari I Made Sudana.

    Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, dalam sambutannya mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Badung, sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Krama Desa Adat Carangsari yang sudah melaksanakan upacara suci di Pura Desa lan Pura Puseh Desa Adat Carangsari. Rasa syukur semua bisa berkumpul melaksanakan persembahyangan bersama. "Di hari yang baik ini semoga kita semua senantiasa diberikan kerahayuan dan kesehatan di dalam menjalankan dan melakukan upacara maupun upacara adat, dan juga krama Desa Adat Carangsari melaksanakannya upacara ini dengan hati yang tulus dan ikhlas dengan memiliki itikad yang baik agar melaksanakan karya suci ini sukses dan lancar seperti yang diharapkan dan juga merupakan stiti bakti kita kepada Ida Betara yang berstana di Pura Desa lan Pura Puseh ini dan sejebag Desa Adat Carangsari," ucapnya. Dalam kesempatan ini Pemerintah Kabupaten Badung membantu dana upacara yang diberikan langsung oleh Bapak sekda Adi Arnawa sebesar Rp 50 juta.

      Sementara itu Bendesa Adat Carangsari AA. Ngurah Arta, menyampaikan rasa angayu bagia dan syukur kehadapan Ida Bhatara Bhatari yang berstana di Pura Desa lan Pura Puseh Desa Adat Carangsari agar piodalan ini berjalan lancar labda karya. "Terima kasih kepada Bapak Sekda beserta undangan yang lain bersedia hadir di hari yang baik ini ikut ngastiti bakti dalam piodalan di Pura Desa lan Puseh Desa Adat Carangsari, dimana pujawali di Pura Desa Sudah dilaksanakan pada Anggara Kliwon Pinanggal 24 Mei 2022 dan pada hari ini Nemonin Buda Umanis Pinanggal 25 Mei 2022 kalaksanayang Piodalan di Pura Puseh. Atas Asung Kertha Wara Nugraha lan Paswecan Ida Bhatara Sami dan kehadiran Bapak Sekda serta undangan yang lainnya upacara piodalan ini berjalan lancar Paripurna Sida Sidaning Don, Presida Nyujur Santhi lan Jagadhita," ujarnya.

      Lebih lanjut dijelaskan, ada 9 Item pembangunan di wewidangan Pura ini adalah bantuan dari Murdaning Jagat Badung dan juga Bapak Sekda memfasilitasi untuk membuatkan proposal dan disetujui oleh Bapak Bupati sebesar Rp 2 Miliar dan bangunan selesai sebanyak 9 Item. Ada juga beberapa pembangunan yang belum selesai dikarenakan musibah Gering Agung ini, untuk itu setelah gering ini hilang dan kembali normal, pariwisata bangkit kembali agar kami bisa melanjutkan pembangunan yang belum terealisasi, "ungkapnya.

 

Caption :

Sekda Adi Arnawa menghadiri Upacara Piodalan di Pura Desa dan Pura Puseh Desa Adat Carangsari, Rabu (25/5).