Informasi › Berita
  • Hadiri Karya Pitra Yadnya Atma Wedana di Griya Prabhu Denkayu, Bupati Giri Prasta Berharap Karya Berjalan Labda Karya Sida Sidaning Don

    Admin Web Badung

    Kamis, 19 Mei 2022 10:29 WITA

    Hadiri Karya Pitra Yadnya Atma Wedana di Griya Prabhu Denkayu, Bupati Giri Prasta Berharap Karya Berjalan Labda Karya Sida Sidaning Don
    Foto : Hadiri Karya Pitra Yadnya Atma Wedana Di Griya Prabhu Denkayu, Bupati Giri Prasta Berharap Karya Berjalan Labda Karya Sida Sidaning Don

    Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri Karya Pitra Yadnya Atma Wedana Griya Prabhu Denkayu Baleran Desa Werdi Bhuwana bertepatan dengan Rahina Anggara Pon Sasih Jiyesta, Selasa (17/5). Karya Pitra Yadnya Atma Wedana Ida Pedanda Istri Oka Patni ini dirangkaikan juga dengan upacara metatah yang diikuti sebanyak 93 orang. Turut hadir Sekda Adi Arnawa beserta istri, Anggota DPRD Provinsi Bali Bagus Alit Sucipta, Anggota DPRD Badung Wayan Regep, Camat Mengwi Nyoman Suhartana, Perbekel Werdi Bhuwana serta tokoh masyarakat setempat. Sebagai wujud perhatian dan dukungan Bupati Badung Giri Prasta menyerahkan bantuan punia secara pribadi sebesar Rp. 25 juta.

         Dalam sambrama wacananya, Bupati Giri Prasta menyampaikan rangkaian dan tahapan upacara atau karya ini tentunya sudah melalui proses awal yang harus dilaksanakan diawali dengan purwadaksina dimana puspa lingga atau sarana perlengkapannya diusung berputar mengelilingi balai peyadnyan sebanyak tiga kali. Upacara Purwa daksina ini menggunakan seekor lembu putih (Sembilan Lembu Taro) yang juga berputar sebanyak tiga kali sebagai penuntun jalan. "Selanjutnya upacara ini memiliki makna nedunang Ida Betara untuk mengangkat roh manusia naik ke alam surga dengan jalan mengikuti jejak lembu yang merupakan kendaraan Dewa Siwa. Diharapkan roh-roh itu mengikuti jejak Dewa Siwa, untuk menuju Swah Loka," jelasnya.

         Lebih lanjut dijelaskan rangkaian upacara dilanjutkan dengan Ngebejian atau memohon air suci di salah satu sumber mata air, lalu menstanakan puspa lingga di bukur, dilanjutkan dengan matiti mamah. Kemudian upacara dilakukan dengan prosesi ngaliwet yakni membuat tarpana atau sesaji berupa nasi liwet dan selanjutnya mapadudus yang bermakna penyucian atma. Sebagai simbolis Ida Pedanda mengangkat atma dari alam Pitara ke Dewa Pitara dilakukan upacara Pralina yang dilanjutkan dengan nunjel puspa lingga (membakar sekar)."Saya berharap dudonan atau proses karya ini berjalan dengan lancar labda karya sida sidaning don," harapnya.

         Sementara itu Prawartaka Karya Ida Bagus Ketut Udiana menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta atas kehadirannya dan ikut mendoakan agar karya ini berjalan dengan lancar. Disampaikan juga dudonan karya sudah dilaksanakan sejak tanggal 10 Mei 2022 Netekin Betari Sri, tanggal 12 Mei 2022 Nanceb Peyadnyan lan sunari, 13 Mei Mecaru Genah Peyadnyan, 17 Mei Ngeraja Sewala lan Tutug Kelih dan dilanjutkan dengan puncak karya tanggal 19 Mei 2022 Meajar-ajar lan Ngunggahin.

     

    Caption :

    Bupati Nyoman Giri Prasta didampingi Sekda Adi Arnawa menghadiri Karya Pitra Yadnya Atma Wedana Griya Prabhu Denkayu Baleran Desa Werdi Bhuwana, Selasa (17/5).


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK