Terapkan Program Vaksinasi Door to Door, Ketua TP PKK Badung Tinjau Vaksinasi Kedua Untuk Penyandang Disabilitas

  • 2021-09-24 10:32:40
  • Oleh: badungkab
  • Dibaca: - Pengunjung
Terapkan Program Vaksinasi Door to Door, Ketua TP PKK Badung Tinjau Vaksinasi Kedua Untuk Penyandang Disabilitas

Tim Penggerak PKK Kabupaten Badung berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan, Pemerintah Kecamatan, Desa dan Kelurahan berkomitmen untuk mengakselerasi penuntasan program vaksinasi bagi penyandang disabilitas. "Kita di Kabupaten Badung menerapkan program vaksinasi door to door atau jemput bola ke rumah untuk melayani saudara kita yang disabilitas. Itu upaya konkrit terkait percepatan kita,"ujar Ketua TP PKK Kabupaten Badung Nyonya Seniasih Giri Prasta saat meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi dosis 2 bagi penyandang disabilitas di wilayah Kecamatan Abiansemal dan Petang, Kamis (23/9). Acara turut dihadiri oleh Camat Abiansemal IB Mas Arimbawa, jajaran Tripika Kecamatan Petang, dan jajaran pengurus TP PKK Kabupaten Badung.

     Menurut Seniasih Giri Prasta, memang tidak mudah membawa warga yang berkebutuhan khusus ke pusat-pusat vaksinasi sehingga program vaksinasi door to door atau jemput bola diadakan Pemkab Badung untuk mendorong percepatan vaksinasi Covid-19 terhadap masyarakat disabilitas. "Ada semeton kita kondisinya tidak bisa diajak bicara, ada yang tidak bisa jalan. Tidak mungkin kami arahkan ke pusat vaksinasi karena resikonya sangat tinggi, untuk itu kami tim TP PKK Kabupaten Badung bekerjasama dengan Puskesmas Pembantu, Puskesmas dan dinas terkait memberikan pelayanan vaksinasi door to door." jelasnya.

     Lebih lanjut, Seniasih Giri Prasta menyebut pihaknya bersama dinas terkait berkomitmen untuk merampungkan vaksinasi dosis kedua bagi penyandang disabilitas yang ada di wilayah Kabupaten Badung. Vaksinasi bagi disabilitas tidak hari ini saja kita laksanakan, bahkan ini hampir rampung untuk vaksinasi dosis 2 di seluruh wilayah Kecamatan, Desa/Kelurahan yang ada di wilayah Kabupaten Badung. Disisi lain Seniasih juga memberikan apresiasi khusus kepada pihak-pihak yang sudah proaktif membantu Pemkab Badung dalam mensukseskan program vaksinasi bagi penyandang disabilitas. "Kami juga menyampaikan terimakasih atas peran serta para donatur dalam mensukseskan kegiatan ini, seperti pihak Aqua yang ada wilayah Abiansemal. Disamping itu, kami juga membangun sinergi dengan pihak Puskesmas, PKK Desa/Kelurahan, Kecamatan untuk merampungkan dan mendukung program vaksinasi ini sehingga semua masyarakat kami yang berkebutuhan khusus mendapatkan vaksin."ungkapnya.

     Namun demikian, Seniasih Giri Prasta mengingatkan petugas vaksinasi yang ada di tingkat desa/kelurahan agar selalu memperhatikan kondisi kesehatan masyarakat yang berkebutuhan khusus, guna meminimalisir resiko yang tidak diinginkan pasca vaksinasi. "Himbauan kami kepada seluruh pihak desa/kelurahan, Kecamatan dan Pustu yang ada di wilayah masing-masing. Kalau memang semeton kita kondisinya tidak layak divaksin jangan dipaksakan. Dan harapan kami kepada semua pihak terkait, ayo kita bergerak, gotong royong, bahu membahu ulurkan tangan kita turun door to door jangan ada kata bosan capek dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Badung" pungkasnya.

 

Caption :

Ketua TP PKK Kabupaten Badung Nyonya Seniasih Giri Prasta saat meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi dosis 2 bagi penyandang disabilitas di wilayah Kecamatan Abiansemal dan Petang, Kamis (23/9).