Informasi › Berita
  • Bupati Giri Prasta Hadiri Karya Pitra Yadnya Nyekah Masal Banjar Keraman Desa Abiansemal

    Admin Web Badung

    Senin, 6 September 2021 10:41 WITA

    Bupati Giri Prasta Hadiri Karya Pitra Yadnya Nyekah Masal Banjar Keraman Desa Abiansemal
    Foto : Bupati Giri Prasta Hadiri Karya Pitra Yadnya Nyekah Masal Banjar Keraman Desa Abiansemal

    Rahina Sukra, Paing Wuku Sinta Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Camat Abiansemal IB Putu Mas Arimbawa, Perbekel Abiansemal dan Bendesa Adat Abiansemal menghadiri  karya pitra yadnya nyekah, metatah, mepetik dan menek kelih krama Banjar Keraman Abiansemal, bertempat di Balai Banjar Keraman Abiansemal, Jumat (3/9). Dimasa PPKM, pelaksanaan karya sudah mentaati protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang ketat. Dalam kesempatan ini Bupati Giri Prasta memberikan punia Rp 50 Juta dan secara pribadi  sebesar Rp 20 juta.

         Dalam Sembrama wacananya Bupati Giri Prasta merasa bangga dan angayu bagia, karena krama Banjar Keraman sudah melaksanakan yadnya yang utama yaitu Memukur Nyekah sebagai dharmaning leluhur, ditengah mewabahnya virus korona dengan tetap mematuhi prokes ketat. Bupati menyadari kondisi saat ini dapat disebut "Sabsab Gering Merana". Bupati juga mengingatkan masyarakat agar tetap melaksanakan prokes, dalam segala kegiatan seperti kegiatan keagamaan ataupun kegiatan sehari-hari. Mengenai karya pitra yadnya ini, atas nama Pemerintah Badung Bupati sangat mendukung, karena melalui karya ini sebagai sebuah tanggung jawab dari pemilik sawa untuk menyucikan atma setelah diaben menjadi pitara dan melinggih di merajan rong tiga menjadi Dewa Hyang Guru. Karya pitra yadnya dapat disebut memukur kinembulan yang dilakukan bersama-sama dan bergotong-royong. Diharapkan kepada keluarga pemilik sawa khususnya dapat mengikuti setiap rangkaian upacara dengan baik. Seperti ngangget don bingin, murwa daksina, meprelina, meajar-ajar hingga ngelinggihan. "Ini sebuah proses yang harus diikuti guna mengantarkan atma menuju surga," ungkap Giri Prasta.

         Sementara itu Ketua Panitia Karya Ida Bagus Gede Puja Astawa menyampaikan terimakasih kepada murdaning jagad Badung yang telah berkesempatan hadir dan memberikan darma wacana terkait karya nyekah yang dilaksanakan, mudah-mudahan karya ini bisa berjalan labda karya sidaning don. Dilaporkan bahwa upacara ini di ikuti 57 Sawa, metatah 100 orang, mepetik dan menek kelih 80 orang serta sumber dana dikeluarkan swadaya masing-masing Rp 5 juta per sawa.

     

    Caption :

    Bupati Giri Prasta disaat menghadiri Karya Pitra Yadnya Nyekah Masal Banjar Keraman Desa Abiansemal, Jumat (3/9).


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK