Informasi › Berita
  • Sekda Badung Adi Arnawa Buka Sosialisasi Go-Tani, Permudah Konsumen Untuk Mengakses Produk Petani Badung

    Admin Web Badung

    Senin, 6 September 2021 10:38 WITA

    Sekda Badung Adi Arnawa Buka Sosialisasi Go-Tani, Permudah Konsumen Untuk Mengakses Produk Petani Badung
    Foto : Sekda Badung Adi Arnawa Buka Sosialisasi Go-tani, Permudah Konsumen Untuk Mengakses Produk Petani Badung

    Sesuai dengan Surat Edaran (SE) Bupati Badung Nomor 520/3360/Setda/Diperpa tentang Pemanfaatan, Pemasaran dan Konsumsi Produk Pertanian Lokal Kabupaten Badung, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung melaksanakan Sosialisasi Badung Go-Tani dan penandatanganan MOU dengan pelaku usaha bertempat di Ruang Pertemuan Kriya Gosana Lantai III di Puspem Badung, Mangupraja Mandala, Jumat (3/9). Penandatanganan yang disaksikan langsung oleh Sekretaris Daerah I Wayan Adi Arnawa ini turut dihadiri Ketua PHRI Badung I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya, HIPMI Kabupaten Badung, Purcasing Pinno Creative Entrepreneur, Ketua Koperasi Sumber Merta Buana, PT. Tirta Investama beserta para kelian subak se-Badung dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

         Sekda Badung Adi Arnawa menyampaikan terkait dengan persoalan mendasar bagi para petani di Badung, merupakan salah satu ketidak banggan bagi para petani karena kurangnya dari segi hasil pertaniannya. Maka dari itu Pemerintah Kabupaten Badung selalu memfasilitasi agar bagaimana hasil produksi pertanian dengan para konsumen semakin meningkat."Terkait dengan adanya persoalan diatas maka Pemerintah Kabupaten Badung sudah membuatkan aplikasi Go-Tani, setidaknya seseorang akan mudah mengakses produk-produk yang dibuat oleh para petani kita di Badung ini, termasuk juga para petani akan mudah mendapatkan berbagai macam pelayanan," ujarnya.

         Sekda berharap dengan adanya aplikasi Go-Tani ini para petani bisa menjadi termotivasi sekaligus percaya diri, bagaimanapun di musim pandemi Covid-19, dari sektor pertanian lah yang  sudah memberikan kontribusi ketika pertumbuhan ekonomi tidak ada terkontraksi dalam kebutuhan konsumsi masyarakat. Pemkab Badung memberikan apresiasi terhadap langkah-langkah yang dilakukan oleh Dinas Pertanian agar terus dilanjutkan sekaligus para petani agar termotivasi untuk menjaga kualitas hasil produksi pertanian melalui sistem teknologi informasi.

         Lebih lanjut Sekda Adi Arnawa mengatakan dengan adanya sistem Go-Tani ini nantinya apa yang menjadi persoalan para petani dari segi pemasaran, akses bisa teratasi. Di samping itu Kepada Dinas Pertanian agar melakukan pemetaan kebutuhan konsumen, dimana dengan adanya pemetaan kebutuhan konsumen nantinya akan disamakan dengan potensi daerah. "Mari kita kawal, kita jaga, untuk kita lakukan penyebaran sekaligus kita mengarahkan agar para petani kita hasil produksi pertanian menjadi berkualitas, dan berdaya saing. Mudahan- mudahan apa yang disampaikan oleh Dinas Pertanian agar tetap berkomitmen, loyalitasnya kepada pemerintah dalam rangka mengimplementasikan adanya suatu keberpihakan kepada para petani sekaligus mensejahterakan para petani kita di wilayah Badung," jelasnya.

          Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung I Wayan Wijana melaporkan terkait permasalahan klasik yang dihadapi oleh para petani dengan fluktuasi harga, akses pemasaran serta kurangnya pemanfaatan teknologi informasi. Untuk itu Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung saat ini sedang merancang program inovasi Badung Go-Tani (Bang Goni). Badung Go-Tani ini dirancang terdiri dari 2 kegiatan utama yaitu Badung Promo Tani (Bang Romi) sebagai media komunikasi antara petani dengan para pelaku usaha dengan pengembangan sistem informasi Badung Go-Tani (Si Abang Goni) merupakan sistem informasi berbasis aplikasi untuk mempercepat dan mempermudahkan pelayanan serta dilengkapi dengan fitur-fitur untuk mempromosikan berbagai produk pertanian lokal di Kabupaten Badung.  

          Lebih lanjut dijelaskan melalui Go-Tani ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan petani serta meningkatkan pertumbuhan sektor agrobisnis disertai memperkuat sinergitas sektor pertanian dengan kepariwisataan dunia usaha khususnya UMKM dari segi pangan. "Secara umum rancang bangun Si Abang Goni akan dilengkapi dengan fitur-fitur antara lain info tani disertai laporan kinerja, info pelayanan, agrowisata, info panen dan peta potensi komoditas, info kemitraan, konsultani, pengaduan serta dilengkapi fitur SKM yang dikembangkan oleh Dinas Kominfo secara bertahap," jelasnya.

     

    Caption:

    Sekda Adi Arnawa disaat menghadiri Sosialisasi Badung Go-Tani dan penandatanganan MOU di Ruang Pertemuan Kriya Gosana Lantai III di Puspem Badung, Mangupraja Mandala, Jumat (3/9).


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK