Informasi › Berita
  • Bupati Giri Prasta Hadiri Karya Pitra Yadnya di Banjar Ubud, Desa Getasan Petang

    Admin Web Badung

    Kamis, 29 Juli 2021 11:10 WITA

    Bupati Giri Prasta Hadiri Karya Pitra Yadnya di Banjar Ubud, Desa Getasan Petang
    Foto : Bupati Giri Prasta Hadiri Karya Pitra Yadnya Di Banjar Ubud, Desa Getasan Petang

    Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi anggota DPRD Provinsi Bali I Bagus Alit Sucipta, Anggota DPRD Badung I Gusti Lanang Umbara, IGA Inda Trimafo, Camat Petang I Wayan Darma, Perbekel Getasan I Wayan Suandi menghadiri  karya pitra yadnya/nyekah, krama Banjar Adat Ubud Desa Getasan, Kecamatan Petang, bertempat di wantilan Pura Hyang Api Getasan, Rabu (28/7).

           Dalam kesempatan ini Bupati Giri Prasta memberikan punia secara pribadi  sebesar Rp 15 juta, masing-masing anggota DPRD Rp 5 juta dan Perbekel Desa Getasan Rp 2,5 juta.

    Bupati Giri Prasta dalam Sembrama wacananya merasa bangga, karena krama banjar ubud sudah melaksanakan yadnya utama yaitu memukur sebagai dharmaning leluhur, ditengah mewabahnya virus Covid-19 dengan tetap mematuhi prokes ketat. Bupati menyadari kondisi saat ini dapat disebut "sabsab gering merana" dengan adanya wabah Covid-19.

          "Wabah ini adalah milik semesta dan kami di Badung sudah melaksanakan upaya niskala dengan upacara nangluk merana. Secara sekala menghimbau masyarakat tetap melaksanakan prokes, melakukan tracing, testing, treatment, vaksinasi serta memenuhi kecukupan oksigen," terangnya. Selain itu Bupati juga memberikan BLT kepada masyarakat Badung. "Saya mengambil kebijakan politik, out of the box, keluar dari zona nyaman. Meskipun sedikit ini wujud perhatian pemerintah kepada krama. Artinya wujud sayang tiang ke krama metu saking manah suci ning nirmala anggen krama sareng sami," imbuhnya.

          Mengenai karya pitra yadnya ini, atas nama Pemerintah Badung, Bupati sangat mendukung karena melalui karya ini sebagai sebuah tanggung jawab dari pemilik sawa untuk menyucikan atma setelah diaben menjadi pitara dan melinggih di merajan rong tiga menjadi Dewa Hyang Guru. Karya pitra yadnya dapat disebut memukur kinembulan yang dilakukan bersama-sama dan bergotong-royong. Diharapkan kepada keluarga pemilik sawa khususnya dapat mengikuti setiap rangkaian upacara dengan baik. Seperti ngangget don bingin, murwa daksina, meprelina, meajar-ajar hingga ngelinggihan. "Ini sebuah proses yang harus diikuti guna mengantarkan atma menuju surga,"ungkap Giri Prasta.

          Sementara itu Ketua Panitia Karya I Gede Arsadi menyampaikan terimakasih kepada murdaning jagad Badung yang telah berkesempatan hadir dan memberikan darma wacana terkait karya nyekah yang dilaksanakan, mudah-mudahan karya ini bisa berjalan labda karya"ujarnya.

          Lebih lanjut panitia karya melaporkan bahwa upacara ini di ikuti 29 Sawa, metelubulanan 42 dan metatah 37 orang serta sumber dana dikeluarkan swadaya masing-masing Rp 5 juta per sawa,"ungkapnya.

           Dimasa PPKM Darurat, pelaksanaan karya sudah mentaati protokol kesehatan pencegahan covid-19 yang ketat

     

    Caption :

    Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri  karya pitra yadnya/nyekah, krama Banjar Adat Ubud Desa Getasan, Kecamatan Petang, bertempat di wantilan Pura Hyang Api Getasan, Rabu (28/7).

     


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK