Informasi › Berita
  • Percepat Proses Pencairan BLT, Badung Terapkan Sistem Pembayaran Dengan QR Code

    Admin Web Badung

    Kamis, 29 Juli 2021 10:44 WITA

    Percepat Proses Pencairan BLT, Badung Terapkan Sistem Pembayaran Dengan QR Code
    Foto : Percepat Proses Pencairan Blt, Badung Terapkan Sistem Pembayaran Dengan Qr Code

    Guna memastikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) PPKM Kabupaten Badung yang bersumber dari APBD tersalurkan dengan baik, dan sampai ke tangan masyarakat. Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta bersama Sekda Adi Arnawa langsung memantau proses pencairan BLT di 3 kecamatan, yakni Kecamatan Kuta Utara bertempat di Gor Perancak, Kecamatan Kuta bertempat Kantor Lurah Kuta dan Kecamatan Kuta Selatan bertempat di Wantilan Kantor Lurah Benoa, Selasa (27/7). Turut hadir anggota DPRD Badung Wayan Sandra, DPRD Badung Anom Gumanti, DPRD Badung Wayan Loka Astika, Kadis Sosial Ketut Sudarsana, Camat Kuta Utara, Camat Kuta dan Camat Kuta Selatan.
    Disela pemantauan Bupati Giri Prasta menyampaikan bahwa saat ini Badung telah memiliki Quick Response Code (QR code) guna memudahkan proses pencairan BLT, sekaligus untuk menghindari terjadinya kerumunan  masyarakat penerima bantuan. "Dengan kami telah melakukan cleansing data saat ini kami telah memiliki quick response code, yaitu suatu barcode yang kita padukan dengan sistem yang ada di BPD Bali,inilah yang menjadi alat bayar sehingga masyarakat tidak perlu lagi mengisi blanko, cukup dengan barcode itu sudah selesai," jelas Giri Prasta.
          Untuk mempercepat pencairan Blt dengan sistem barcode tersebut, pada (28/7) Bupati Giri Prasta akan mengajak perbekel, lurah, sekdes, ketua BPD, kelian dinas dan kaling untuk rapat melalui zoom meeting yang akan dilaksanakan besok pagi untuk membahas mekanisme pendistribusian dana kepada masyarakat. "BPD sudah siap dengan tenaganya, cukup dengan barcode tersebut bisa membayarkan BLT kepada seluruh masyarakat yang menerima bantuan dampak pandemi Covid-19 ini, sehingga kita bisa mengurangi kerumunan masyarakat. Serta nanti kaling lah yang mengantar langsung ke masyarakat dengan sistem door to door," pungkasnya.

          Terkait adanya misinformasi mengenai penyaluran BLT yang terjadi di tengah masyarakat, Bupati Giri Prasta menjelaskan bahwa melalui quick response code (QR code) semua masyarakat sudah terdata dan memiliki barcode. "Tinggal besok itu kami memberikan sosialisasi dengan menjadikan sekdes dan seklur itu sebagai duta yang kita sebut dengan agen. Nah jadi mereka ini yang akan berkoordinasi penuh dengan kelian dinas atau kaling, untuk diberikan data dan semua data itu akan diberikan dana cash dengan barcode sebagai wujud dari persyaratan dalam melaksanakan ini," ujarnya. 
    Bupati Giri prasta menambahkan kedepan pencairan BLT akan dilakukan melalui sistem dor to dor. Contoh bila kelian dinas di Br A sudah bawa data, maka akan langsung dibayarkan BPD pada hari itu, dan akan langsung dibawakan ke rumah rumah sehingga datanya valid. "Jadi data yang kita miliki dengan data yang ada di BPD Bali nyambung," tambahnya.

     

    Caption :

    Bupati Giri Prasta saat memantau proses pencairan BLT di Kecamatan Kuta Utara, Kecamatan Kuta dan Kecamatan Kuta Selatan, Selasa (27/7).

     


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK