Retaknya Tebing Uluwatu, Tempuh Jalan Sekala dan Niskala

  • 2013-09-23 09:48:00
  • Admin
  • 366 Pengunjung
Retaknya Tebing Uluwatu, Tempuh Jalan Sekala dan Niskala
Bupati Gde Agung telah memerintahkan Dinas Bina Marga dan Pengairan (BMP) Badung dengan didukung SKPD terkait untuk melakukan pra study tebing di Uluwatu. Bupati memerintahkan agar dinas terkait segera bekerja dan menyelesaikan pra study dalam waktu yang tidak terlalu lama, sehingga dapat segera dianggarkan penangannya dalam anggaran tahun 2014. "Pada intinya, Bapak Bupati meminta Dinas Bina Marga dan Pengairan untuk segera mengkaji. Melalui pra study tersebut diharapkan akan menghasilkan langkah-langkah taktis dan strategis untuk mengatasi persoalan ini. Bahkan bilamana perlu segera dilakukan penanganan," katanya.
 
Tak hanya sekala atau kasat mata, Bupati Gde Agung juga meminta masalah tebing Uluwatu dapat disikapi secara niskala. Secara niskala, akan dilakukan dengan nunasang atau mohon petunjuk kepada para sulinggih terkait bagaimana menyikapi masalah tersebut dari sisi spiritual. Raka Yuda menjelaskan, di utama mandala Pura Uluwatu sebelumnya juga sudah pernah terjadi retakan tebing. Ketika itu, Pemkab Badung mengambil langkah-langkah sekala dan niskala.
 
Dijelaskannya lebih lanjut, masalah tebing retak di kawasan Pura Uluwatu mendapat perhatian khusus dari Bupati Badung mengingat Pura Uluwatu merupakan salah satu pura Sad Kahyangan. Sebagai salah satu pusat kegiatan spiritual agama Hindu, Pura Uluwatu patut dijaga kelestarian dan kesuciannya.
 
"Ini wujud komitmen Pemkab Badung dalam upaya penyelamatan kelestarian Pura Uluwatu sebagai Sad Kahyangan yang sangat disucikan oleh umat Hindu," ujar Raka Yuda.