Ringankan beban Masyarakat, Badung Rancang Perubahan Tarif BPHTB

  • 2013-09-23 09:41:00
  • Admin
  • 381 Pengunjung
Ringankan beban Masyarakat, Badung Rancang Perubahan Tarif BPHTB
Komang Budi Argawa juga  menjelaskan, bahwa  berkenaan dengan komitmen meringankan beban masyarakat  tersebut  Bupati Badung sebelumnya pada  acara launching program Sistem Informasi Manajemen Pertanahan Nasional (Simtanas) 5 September lalu di Puspem Badung mengungkapkan bahwa Pemkab. Badung telah merancang kebijakan untuk meringankan beban masyarakat dengan membebaskan biaya BPHTB atas pengalihan hak karena waris.  Langkah selanjutnya Pemkab.
 
Badung telah berupaya melakukan  penataan terhadap tarif pajak terkait waris dan hibah wasiat dalam Perda Kabupaten Badung Nomor 14 Tahun 2009 tentang Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan. Hal tersebut juga memperhatikan hak – hak dasar seseorang terhadap penguasaan kepemilikan atas tanah yang mengandung arti bahwa hak kepemilikan seseorang itu dapat diteruskan kepada ahli warisnya sepanjang memenuhi persyaratan sebagai subjek hak milik, sehingga peralihan waris kepada ahli waris merupakan transaksi yang tidak lazim dikenakan pajak (taxable event), begitu juga sama halnya terhadap hibah wasiat.
 
Lebih lanjut Argawa mengatakan, sebagai tidak lanjut Pemerintah Kabupaten Badung sesuai dengan Surat Pengantar tanggal 12 September 2013, Nomor 045.2/4579/HK telah menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Badung Nomor 14 Tahun 2009 tentang Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan kepada DPRD Kabupaten Badung guna mendapat pembahasan bersama. "Disamping itu juga  sesuai dengan mekanisme / prosedur dalam pembentukan peraturan daerah tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD) juga akan dilakukan evaluasi kepada Gubernur dan Kementrian Keuangan sebelum ditetapkan oleh Bupati Badung" ujarnya.