Penuhi Respond Time 15 Menit, Damkar Badung Tambah 5 Armada Baru

  • 2013-09-17 09:23:00
  • Admin
  • 478 Pengunjung
Penuhi Respond Time 15 Menit, Damkar Badung Tambah 5 Armada Baru
Bupati Gde Agung selain memberikan apresiasi kepada Dinas Pemadam Kebakaran Badung yang selama ini dinilai sudah bekerja keras mewujudkan pelayanan, juga menekankan  pentingnya peningkatan disiplin kerja serta profesionalisme personil serta kesiapsiagaan pasukan sehingga kerugian akibat bencana kebakaran dapat diminimalkan dan masyarakat dapat melihat dan merasakan kehadiran  anggota Damkar Badung. Hal ini penting menjadi perhatian mengingat Kabupaten Badung akan menjadi tuan rumah event-event bertaraf internasional seperti APEC yang akan dihadiri oleh 21 kepala Negara, 1500 pemimpinn bisnis dikawasan Asia Fasifik serta sekitar 3000 awak media baik cetak maupun elektronik.
 
Sementara Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Badung, I Gusti Nyoman Adnyana mengatakan,  diserahkannya lima unit mobil pemadam kebakaran dengan rincian tiga unit mobil pemadam kebakaran kapasitas 5000 liter, satu  unit mobil pemadam kebakaran kapasitas 8.000 liter dengan dilengkapi pompa portable dan satu unit mobil pemadam kebakaran dengan kapasitas 10.000 liter ini, diharapkan dapat memberikan pelayanan publik yang lebih baik dalam  upaya penanggulangan  kebakaran di Badung maupun didaerah lainnya. “Ada tiga elemen dasar dalam merevitalisasi Dinas pemadam Kebakaran Kabupaten Badung sesuai dengan Rencana Induk Kebakaran (RIK) diantaranya membentuk dua Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD), yakni UPTD Badung Selatan bertempat di Jl. Kunti Seminyak. UPTD Badung Selatan ini mencakupi layanan dan sebagai koordinasikan di Pos Kecamatan Kuta Selatan yang tempatnya di Pecatu Graha dan Pos Kecamatan Kuta di Gedung Lotring,” ujarnya. 
 
Dalam laporannya Adnyana juga mengungkapkan bahwa UPTD Badung Utara berada di timur terminal Mengwi yang pembangunannya sedang dilaksanakan tahun 2013 ini. “UPTD ini meliputi Pos Kec, Memgwi yang berada di Puspem Badung, Pos Kecamatan Petang dan Pos Kecamatan Abiansemal. Selain menambah Pos juga dilakukan peremajaan dan penambahan sarana dan prasarana seperti penambahan dimana saat ini Dinas Pemadam kebakaran Badung sudah memiliki 16 unit mobil pemadam kebakaran, dan yang tak kalah pentingnya adanya penambahan SDM,” paparnya.
 
Lebih lanjut Adnyana juga mengatakan bahwa saat ini masih terdapat beberapa hambatan dalam melakukan pelayaan terutama prilaku masyarakat pemakai jalan yang sering tidak memberikan ruang kepada petugas pemadam kebakaran yang sedang bertugas. “Ini mengakibatkan respond time 15 menit yang ditekankan oleh Bapak Bupati terkadang sedikit terhambat, Selain itu banyak juga telpon jahil yang mengganggu aktivitas petugas Damkar,” ungkapnya.