Nyonya Ratna Gde Agung Di Nilai Tim Evaluasi BKB Provinsi Bali

  • 2013-09-16 08:50:00
  • Admin
  • 136 Pengunjung
Nyonya Ratna Gde Agung Di Nilai Tim Evaluasi BKB Provinsi Bali
Nyonya Ratna Gde Agung melaporkan program BKB di Kabupaten Badung merupakan salah satu program strategis dalam pembangunan keluarga berkualitas di masa yang akan datang yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran, ketrampilan dan sikap orangtua dalam pembentukan karakter sejak dini (PKSD) serta membina tumbuh kembang anak pada usia balita secara optimal.
 
Kegiatan BKB Kabupaten Badung telah disinergikan dan diintegrasikan dalam salah satunya pada kegiatan PKK seperti Kegiatan Posyandu dimana dalam kegiatan tersebut  tidak hanya melakukan penimbangan balita serta memberikan makanan tambahan tetapi juga memberikan penyuluhan kepada orang tua balita tentang pentingnya informasi tumbuh kembang anak. "Tumbuh kembang anak pada usia balita merupakan periode emas dan sangat penting dalam pembentukan karakter anak sejak dini menuju keluarga berkualitas di masa depan. " ungkap Nyonya Ratna.
 
Lebih lanjut Nyonya Gde Agung menambahkan jumlah kelompok BKB di Kabupaten Badung sampai 2013 adalah sejumlah 520 kelompok BKB. Sementara untuk pengelolaan BKB di Kabupaten Badung dilaksanakan dengan mengembangkan kemitraan dengan SKPD terkait serta juga melakukan kerjasama dengan pihak diluar pemerintah terkait pelatihan-pelatihan BKB serta pendampingan.
 
Sementara itu Ketua Tim Evaluasi Pengelola Bina Keluarga Balita Prov. Bali, dr. I Gusti Lanang Wishnu Murthi mengatakan tujuan dari evaluasi ini adalah untuk melihat kemampuan Ketua Pengelola BKB dalam mengelola BKB, pendukung kegiatan BKB termasuk regulasinya, inovasi terkait pengembangan BKB di kabupaten Badung.
 
Dalam kesempatan itu juga dr. I Gusti Lanang Wishnu Murthi memberikan apresiasi atas langkah-langkah inovasi yang telah dilakukan Nyonya Ratna Gde Agung selaku Ketua Penglola Bina Keluarga Balita (BKB) Kabupaten Badung seperti telah mengintegrasikan kegiatan PKK dengan kegiatan BKB. Dan langkah inovatif lainnya adalah pembentukan taman penitipan anak (TPA) Ratna sebagai tempat penitipan anak bagi karyawan pemerintah Kabupaten Badung. “adanya TPA Ratna ini sangat membantu karyawan dan karyawati di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung disatu sisi mereka dapat bekerja maksimal tanpa dibebani persoalan anak, disisi lain tumbuh kembang anak dapat dibina di TPA Ratna.” salut dr. I Gusti Lanang Wishnu Murthi. Kegiatan dilanjutkan dengan melihat langsung ruangan dalam Taman Penitipan Anak (TPA) Ratna.