Informasi › Berita
  • Ngaben Massal di Desa Adat Tiyingan

    Admin

    Selasa, 20 Agustus 2013 13:38 WITA

    Ngaben Massal di Desa Adat Tiyingan
    Foto : Ngaben Massal Di Desa Adat Tiyingan
    Pada kesempatan tersebut Bupati Badung A.A. Gde Agung meninjau tempat upacara yadnya dan berbincang-bincang dengan masyarakat serta memberikan dukungan yang dapat membangkitkan semangat krama. Untuk memotivasi masyarakat yang secara otomatis dapat meringankan beban dari segi pendanaan Bupati Badung Gde Agung mepunia Rp. 20 juta.
     
    Sementara itu Bendesa Adat Tiyingan I Wayan Wendra menyampaikan, upacara ini dilaksanakan setiap 5 (lima) tahun sekali. Krama Desa Adat Tiyingan berjumlah 204 KK dan yang mengikuti upacara pitra yadnya pada saat ini berjumlah 35 Sawa, Ngelungah 30 orang, potong gigi 70 orang dan mepetik 41 orang. Untuk melakukan upacara Pitra Yadnya ini diperkirakan akan menghabiskan dana sebesar Rp. 630 juta yang bersumber dari masing-masing pemilik Sawa sebesar Rp. 15 juta per sawa  dan Ngelungah masing-masing Rp. 500.000.
     
    Lebih lanjut Wayan Wendra menyampaikan dudonan Upacara dimulai sejak Redite Pon Dukut (28/7) Nanceb Surya, nyamuh, buda umanis dukut (31/7) Ngeruak Setra, Waraspati Manis Sinta (15/8) Ngendagin/ngeplugin, Saniscara Pon Sinta (17/8) Pengaskaran, Nunas Toya penembak,  Redite Wage Landep (18/8) Puncak acara Pengutangan, Buda Paing Landep (21/8) Mecaru, Ngangget Don Bingin, Sukra Umanis Ukir (30/8) Nyekah, Mepandes, Metelubulan, Ngajum dan Meperelina Sekah dan Saniscara Paing (31/8) Meajar- ajar.

    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK