Lomba Balita Indonesia dan Ibu ASI

  • 2013-07-18 10:20:00
  • Admin
  • 406 Pengunjung
Lomba Balita Indonesia dan Ibu ASI
Ny. Ratna Gde Agung yang didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan Badung Ny. Kompyang R. Swandika mengungkapkan bahwa cakupan ASI eksklusif masih rendah sekitar 65,92%, padahal untuk mencapai Indonesia Sehat 2015, cakupan ASI eksklusif harus diatas 80%. Keadaan ini memerlukan kerja keras semua pihak, khususnya PKK di semua tingkatan untuk lebih mensosialisasikan ASI eksklusif di masyarakat. Menurutnya, Lomba Balita Indonesa dan Ibu ASI ini merupakan salah satu cara untuk peningkatan pemberdayaan masyarakat.
 
Setiap lomba diarahkan untuk pembinaan, pemberdayaan yang berkelanjutan, pemenuhan pemeliharaan kesehatan, kecukupan gizi dan pendidikan. Dari semua proses pemberdayaan masyarakat tersebut diharapkan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, sehat, cerdas, kreatif, produktif, bertanggungjawab dan berguna bagi nusa dan bangsa. “Kepada orang tua kami harapkan agar tetap memantau pertumbuhan dan perkembangan balita di Posyandu, Puskesmas, Puskesmas Pembantu maupun sarana pelayanan kesehatan lainnya,” ajaknya.
 
Sementara itu Ketua Panitia dr. I Wayan Segara mengatakan, lomba ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian orang tua, keluarga dan masyarakat guna memenuhi kebutuhan zat gizi, kesehatan, kebutuhan emosional sehingga perlu diupayakan suatu kegiatan promotif dan dapat mempercepat penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB). Dijelaskan, bahwa pemberian ASI eksklusif dapat mempercepat penurunan angka kesakitan dan angka kematian bayi, sekaligus meningkatkan status gizi balita yang akhirnya akan meningkatkan status gizi masyarakat menuju tercapainya kualitas sumber daya manusia yang memadai.
 
Lebih lanjut dijelaskan, peserta Lomba LBI dan Ibu ASI merupakan utusan dari masing-masing kecamatan di Badung dengan jumlah peserta 18 orang. Terdiri dari LBI umur 6 bulan-24 bulan dengan 6 peserta, kategori umur 2-5 tahun 6 peserta dan Ibu ASI 6 peserta. Para juara akan mendapatkan piagam dan hadiah.