Informasi › Berita
  • Pokjanis dan Tim Teknis BKB di Badung Ikuti Pelatihan, Membina Tumbuh Kembang Anak Balita Menuju Keluarga Berkualitas

    Admin

    Selasa, 4 Juli 2017 01:00 WITA

    Pokjanis dan Tim Teknis BKB di Badung Ikuti Pelatihan, Membina Tumbuh Kembang Anak Balita Menuju Keluarga Berkualitas
    Foto : Pokjanis Dan Tim Teknis Bkb Di Badung Ikuti Pelatihan, Membina Tumbuh Kembang Anak Balita Menuju Keluarga Berkualitas

    Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menggelar kegiatan pelatihan Kelompok Kerja Teknis (Pokjanis) Bina Keluarga Balita (BKB) tingkat Kecamatan dan Tim Teknis tingkat Desa/Kelurahan se-Kabupaten Badung tahun 2017. Kegiatan tersebut dibuka Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Badung selaku Pengelola BKB yang diwakili Wakil Ketua I, Ny Kristiani Suiasa, Senin (3/7) di Ruang Pertemuan Inspektorat, Puspem Badung.

                Dalam sambutannya Ny. Kristiani Suiasa mengatakan, pelatihan Pokjanis dan Tim Teknis BKB ini sangat penting, mengingat perkembangan kependudukan dan pembangunan di Badung dalam mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera memerlukan jumlah dan keterampilan kader yang memadai. BKB sesungguhnya diperuntukkan menjadi suatu gerakan masyarakat, yang diarahkan pada peningkatan kualitas pengetahuan dan keterampilan keluarga, dalam rangka membina tumbuh kembang  anak balita secara optimal menuju terciptanya keluarga berkualitas dimasa depan. "Pembangunan SDM berkualitas hendaknya dimulai dari keluarga dan dilaksanakan sejak dini. Menurut beberapa pendapat ahli menyatakan keseluruhan siklus hidup manusia, pada masa anak-anak, khususnya usia balita disebut masa emas (golden period) yaitu suatu periode yang paling kritis dalam menentukan kualitas SDM, oleh karena usia anak balita, proses tumbuh kembang berlangsung dengan sangat cepat," jelasnya.
                Ditambahkan, pembentukan kelompok BKB di masyarakat tidak akan dapat berjalan dengan baik, apabila tidak didukung oleh kader-kader masyarakat yang tangguh, gigih dan mempunyai jiwa serta semangat kerja secara sukarela dan mengabdi demi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara. Pokjanis serta kader BKB memiliki peran dan tugas yang sangat penting, yaitu membantu memberikan bimbingan, penyuluhan, pencatatan dan pelaporan, rujukan, pemantauan tumbuh kembang anak balita, mengembangkan model Alat Pemainan Edukatif (APE) serta mendayagunakan media interaksi yang berkaitan dengan proses tumbuh kembang anak balita di wilayah masing-masing.
                Sementara Kadis Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Putu Rianingsih melaporkan pelatihan Pokjanis BKB secara umum bertujuan memberdayakan orang tua dan anggota keluarga lainnya dalam mengasah dan membina tumbuh kembang anak secara optimal untuk mewujudkan SDM berkualitas. Dijelaskan, pelatihan yang berlangsung 3 (tiga) hari ini diikuti 74 peserta, terdiri dari Pokjanis Kecamatan dan Tim Tenis Desa/Kelurahan se-Badung. Narasumber dari BKKBN Provinsi Bali, Dinas Kesehatan Badung dan Ikatan Guru TK Indonesia. 
     
    Caption.
    Ketua I TP. PKK Kabupaten Badung Ny. Kristiani Suiasa disaat membuka pelatihan Kelompok Kerja Teknis (Pokjanis) Bina Keluarga Balita (BKB) tingkat Kecamatan dan Tim Teknis tingkat Desa/Kelurahan se-Kabupaten Badung tahun 2017, Senin (3/7) di Ruang Pertemuan Inspektorat, Puspem Badung.

    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK