Informasi › Berita
  • Awali Sensus Petanian di Badung

    Admin

    Senin, 6 Mei 2013 11:03 WITA

    Awali Sensus Petanian di Badung
    Foto : Awali Sensus Petanian Di Badung

    Lebih lanjut Bupati Gde Agung menjelaskan, bahwa hasil dari sensus pertanian ini sangat penting untuk bahan evaluasi dan perencanaan pembangunan di kabupaten badung. Guna mendorong sektor pertanian di Badung, Pemkab Badung telah memberikan reward kepada petani melalui pajak bumi dan bangunan (PBB). Pertanian yang berada di kawasan jalur hijau PBB nya digratiskan sedangkan pertanian yang tidak berada di jalur hijau pajak PBB nya ditekan minimal 30 persen, sementara pertanian yang sudah alih fungsi pajaknya dikenakan 100 persen,” kata Buapati seraya menambahkan bila PBB ini merupakan instrument pertanian dalam rangka menekan alih fungsi lahan.

    Dijelaskan pula sejak tahun 2005 alih fungsi lahan di Badung mencapai 100 Ha per tahun, namun berkat kerja keras semua pihak alih fungsi lahan dapat ditekan hingga 10 ha per tahunnya. Hingga saat ini Pemkab badung tetap melakukan ekstensifikasi pertanian. Upaya pemerintah dengan masyarakat petani tersebut telah berturut-turut mengantarkan Badung meraih penghargaan P2BN (Peningkatan Produksi Beras Nasional) dari pemerintah pusat. Ditambahkan, selain pertanian, di badung utara telah dikembangkan produk OVOP (one village one product) dengan komoditi berupa asparagus. Upaya ini telah pula membuahkan hasil yang signifikan bagi masyarakat petani setempat, melalui program OVOP ini Pemkab Badung juga meraih penghargaan penggiat OVOP dari pemerintah pusat tahun 2012 lalu.  

    Sementara itu Kepala BPS Badung Dewa Made Suambara menjelaskan, data yang dihasilkan dari sensus pertanian ini diharapkan dapat bersinergi mendukung tema pembangunan Kabupaten Badung tahun 2014 yaitu “Perkuatan Sinergitas Pengelolaan Potensi Daerah Untuk Meningkatkan Kualitas Masyarakat Serta Daya Saing Daerah”. “Dukungan dari semua pihak sangat kami harapkan untuk seksesnya pelaksanaan Sensus Pertanian 2013 di Kabupaten Badung,” harapnya.

    Ditambahkan Sensus Pertanian 2013 merupakan sensus pertanian ke-6 dengan tema “Menyediakan Informasi untuk Masa Depan Petani yang Lebih Baik”. Secara nasional sensus pertanian akan dilaksanakan secara serentak dari tanggal 1-31 Mei 2013.


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK