Informasi › Berita
  • Diikuti 50 Anggota Pramuka Penegak Kwartir Ranting Petang dan Abiansemal Badung Gelar Pembinaan Saka Pramuka

    Admin

    Selasa, 30 Agustus 2016 01:00 WITA

    Diikuti 50 Anggota Pramuka Penegak Kwartir Ranting Petang dan Abiansemal Badung Gelar Pembinaan Saka Pramuka
    Foto : Diikuti 50 Anggota Pramuka Penegak Kwartir Ranting Petang Dan Abiansemal Badung Gelar Pembinaan Saka Pramuka

    Saka Kalpataru merupakan salah satu satuan karya pramuka yang merupakan wadah pendidikan di bidang kepedulian lingkungan bagi anggota pramuka agar mereka dapat membantu, membina dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan khusus terkait isu lingkungan, pengelolaan sampah, perubahan iklim dan konservasi keanekaragaman hayati. Disamping itu Saka Kalpataru dibentuk dengan tujuan meningkatkan pengetahuan, pengalaman, ketrampilan, kecakapan dan kepemimpinan bagi anggota pramuka dari usia 16-25 tahun (penegak dan pendega) di bidang kepedulian lingkungan dan rasa tanggung jawab dalam mengelola, manjaga dan mempertahankan serta melestarikan lingkungan hidup. Hal tersebut disampaikan Ketua Majelis Pembimbing Satuan Karya (Saka) Kalpataru yang juga Kepala BLH Kabupaten Badung drh. I Ketut Sudarsana pada pembukaan pembinaan anggota Saka Kalpataru di aula Kantor Arsip Daerah Kabupaten Badung, Selasa(30/8).

                    Lanjut disampaikan Sudarsana, bahwa untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan strategi pembinaan yakni dengan dibentuknya tiga krida yaitu krida 3 R (Reduce,Reuse,Recycle) dengan tiga kecakapan khusus yaitu SKK komposting, SKK daur ulang, SKK bank sampah. Disamping hal tersebut juga dibentuk krida perubahan iklim dengan tiga kecakapan khusus yaitu SKK konservasi dan hemat air, SKK hemat energi listrik, SKK transportasi hijau dan Krida konservasi keanekaragaman hayati dengan dua kecakapan khusus yaitu SKK pelestari sumberdaya genetik dan SKK pelestari ekosistem. Dengan adanya pembinaan ini diharapkan anggota pramuka penegak mampu  melakukan pelestarian lingkungan dimulai dari diri sendiri, lingkungan sendiri, lingkungan terdekat dan selanjutnya dapat menularkan kepada masyarakat.  "Para peserta yang mengikuti pembinaan harus mampu untuk menumbuhkan rasa memiliki dan peduli pada lingkungan sehingga masa depan kehidupan menjadi lebih baik karena lingkungan yang baik akan memberikan kehidupan yang segar, nyaman, dan memberikan vibrasi serta inspirasi positif dalam pembangunan,"ujarnya.
                    Sementara itu ketua panitia I Made Widiada melaporkan peserta pembinaan anggota Saka Kalpataru diikuti oleh anggota pramuka penegak kwartir ranting Petang dan Abiansemal yang berjumlah 50 orang. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 30 Agustus -1 September 2016 yang bertempat di aula Kantor Arsip Badung. Hasil yang ingin dicapai dari kegiatan pembinaan ini yaitu dapat meningkatkan pemahaman anggota pramuka penegak sehingga dapat berperan sebagai kader lingkungan dalam rangka mewujudkan lingkungan yang sehat dan lestari.

    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK