Informasi › Berita
  • Hadiri Karya Nyatur di Pura Dalem Taman Bupati Giri Prasta Akan Mendukung Penuh Pembangunan di Masyarakat

    Admin

    Senin, 29 Agustus 2016 01:00 WITA

    Hadiri Karya Nyatur di Pura Dalem Taman Bupati Giri Prasta Akan Mendukung Penuh Pembangunan di Masyarakat
    Foto : Hadiri Karya Nyatur Di Pura Dalem Taman Bupati Giri Prasta Akan Mendukung Penuh Pembangunan Di Masyarakat

    Masyarakat Desa Adat Taman, Kecamatan Abiansemal melaksanakan Karya Nyatur pada Anggara Kliwon Julungwangi, Rabu (24/8) di Pura Dalem, Desa Adat Taman. Karya yang dipuput Ida Pedanda Putra Keniten dari Griya Kediri Sangeh ini dihadiri Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, anggota DPRD Badung I Nyoman Dirgayusa, Kapolres Badung AKBP Rudi Setiawan, Kadis Kebudayaan IB. Anom Bhasma, Camat Abiansemal Putu Ngurah Thomas Yuniarta bersama Muspika Kecamatan serta tokoh masyarakat setempat.
    Pada kesempatan tersebut Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta melakukan persembahyangan bersama dan menyampaikan, program yang akan dilakukan Pemerintah Kabupaten Badung untuk membantu segala pembangunan yang ada di masyarakat, karena sebagian besar waktu masyarakat habis dalam melaksanakan adat yang juga memerlukan dana. "Sebagai simbul pembangunan dimulai dari banjar yang di dalamnya ada Sekahe-sekahe seperti; Sekahe Gong, Sekahe Shanti, Sekahe Ebat, PKK, Sekahe Teruna semuanya akan dibantu bersama-sama dengan Pemerintahan Desa, yang nantinya dipakai untuk melaksanakan swadarma sebagai krama banjar," terangnya. Disamping itu jaminan kesehatan di Kabupaten Badung yang berobat di Puskesmas, di Rumah Sakit Mangusada bahkan di RS Sanglah khususnya krama Badung dan memiliki KTP Badung semua biaya yang dihabiskan akan ditanggung Pemerintah Kabupaten Badung. Krama Badung harus menjadi tuan di rumah sendiri, khususnya yang memiliki skill seperti dokter, bidan, perawat dan guru dijamin akan menjadi Pegawai di Kabupaten Badung yang akan digaji Pemerintah Kabupaten Badung.
    Lebih lanjut Giri Prasta menyampaikan, kepada tokoh masyarakat diharapkan dapat bersatu segilik seguluk selunglung sebayantaka sesuai petapakan Barong yang merupakan linggih Ida Betara dengan tujuan agar masyarakat mebarengan (memiliki rasa kebersamaan). Sebagai wujud bhakti yang sekaligus untuk memotivasi masyarakat Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghaturkan punia Rp. 15 juta dan anggota DPRD Badung I Nyoman Dirgayusa Rp. 2 juta.
    Sementara itu Bendesa Adat Taman I Made Kupasada melaporkan, Desa Adat Taman terdiri dari 8 banjar Adat yaitu; br. Gunung, br. Sukajati, br. Mambul, br. Delod Pasar, br. Raketan, br. Teba Jero, br. Pegongan dan br. Tabah. Karya Nyatur secara rutin dilaksanakan setiap tahun di tiga Pura yaitu; Pura Desa, Pura Puseh dan Pura Dalem. Dengan adanya kegiatan karya Nyatur ini diharapkan krama dapat betul-betul menyatu, karena dengan pertemuan di pura masyarakat dapat bertukar pikiran, saling mengenal dan merapatkan diri.


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK