Informasi › Berita
  • Sumber Dana Total dari APBD Bupati Badung Tinjau Lokasi Gedung Kejari

    Admin

    Rabu, 10 Agustus 2016 01:00 WITA

    Sumber Dana Total dari APBD Bupati Badung Tinjau Lokasi Gedung Kejari
    Foto : Sumber Dana Total Dari Apbd Bupati Badung Tinjau Lokasi Gedung Kejari
    Mangupura - Pada 2017 mendatang, Badung dipastikan akan membangun gedung Kejaksaan Negeri (Kejari) Badung. Lokasinya ada di Terminal Mengwi seluas sekitar 1 hektar.
    Untuk tujuan ini, Selasa (9/8) kemarin, peninjauan lokasi gedung dilakukan. Peninjauan bersama dilakukan Kepala Biro Perencanaan Kejaksaan Agung RI Amir Yanto didampingi Kajati Bali Dr. H. Abdul Muni, S.H., M.H. dan Kajari Denpasar Erna Normawati Widodo Putri, S.H., M.H.
    Dari Pemkab Badung hadir Bupati Nyoman Giri Prasta, S.Sos. didampingi Wabup Drs. I Ketut Suiasa, Sekkab Kompyang R. Swandika dan pimpinan sejumlah SKPD di lingkup Pemkab Badung.
    Berdasarkan pantauan di lapangan, lokasi gedung Kejari ada di sebelah kanan Terminal Mengwi. Karena ada di dalam terminal, pembangunan ini otomatis akan mengubah desain terminal. Salah satunya akan terjadi pembongkaran terhadap pintu keluar terminal dan sejumlah fasilitas lainnya.
    Usai peninjauan Kepala Biro Perencanaan Kejakgung Amir Yanto menyatakan terima kasih kepada Pemkab Badung yang telah peduli terhadap pelayanan bagi pencari keadilan. “Jika mengandalkan pusat, pembangunan gedung Kejari Badung dipastikan memakan waktu lama. Dengan adanya kepedulian Pemkab Badung ini, tentu kami harus sambut dengan baik,” ujarnya.
    Hal sama dikemukakan Kajati Bali H. Abdul Muni. Dengan adanya Kejari, tentu saja pelayanan keadilan di Kabupaten Badung akan lebih bagus. Keberadaan Kejari ini, tegasnya, bukan didasarkan pada mendesak atau tidak, atau besar kecilnya jumlah perkara yang terjadi.
    Namun menurutnya, pembangunan gedung Kejari ini semata-mata untuk pelayanan prima bagi pencari keadilan. Dengan begitu, perlu dibangun Kejari Badung. Ini sangat luar biasa,” katanya.
    Ditanya mengenai kesiapan personel, Kajati mengungkapkan akan disiapkan setelah gedung terbangun. Dia memaparkan, detail engeneering design (DED) akan digarap pada APBD perubahan 2016, pembangunan dilakukan pada APBD induk 2017 dan diharapkan kelar pada akhir 2017. “Pada 2018, baru kami mempersiapkan personelnya,” katanya.
    Karena ini dibangun dengan dana APBD Badung, katanya, kantor ini nantinya akan dihibahkan oleh Badung kepada Kejaksaan. “Kami nantinya akan menerima hibah dari Pemkab Badung,” katanya.
    Hal sama dikemukakan Bupati Badung Nyoman Giri Prasta. Menurutnya, pembangunan gedung Kejari dilakukan untuk memberikan pelayanan mandiri kepada masyarakat. Pembangunan gedung Kejari jelas merupakan kebutuhan masyarakat, terutama masyarakat yang ingin mencari keadilan.
    Pembangunan ini, katanya, juga akan menjadi salah satu ikon bagi pasangan Giri Prasta dan Suiasa. Tujuannya tentu saja memberikan layanan prima bagi masyarakat.
    Ditanya apakah pembangunan ini tak akan mengganggu layanan terminal karena dibangun di dalam areal terminal, Bupati menampiknya. Saat ini luas areal terminal total mencapai 11,3 hektar. Dari luas areal tersebut, 5 hektar akan diserahkan ke pusat sebagai terminal karena persyaratan untuk terminal angkutan tipe A luas minimalnya 5 hektar sedangkan Satu hektar akan diambil untuk pembangunan gedung Kejari Badung dan dibatasi dengan jalan 12 meter. “Dengan jalan ini, posisi terminal dan Kejari akan terpisah.
     
     

    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK