Informasi › Berita
  • Pengolahan Sampah Badung Libatkan Semua Komponen Gotik DKP Gandeng PKK, kementrian LHK dan Aqua Danone

    Admin

    Kamis, 28 Juli 2016 01:00 WITA

    Pengolahan Sampah Badung Libatkan Semua Komponen Gotik DKP Gandeng PKK, kementrian LHK dan Aqua Danone
    Foto : Pengolahan Sampah Badung Libatkan Semua Komponen Gotik Dkp Gandeng Pkk, Kementrian Lhk Dan Aqua Danone

    Masalah persampahan muncul akibat keterbatasan lahan penampung, teknologi pengelolaan serta partisipasi masyarakat yang masih kurang. Untuk meminimalkan dampak yang ditimbulkan sangat diperlukan pengelolaan mulai dari hulu sampai ke hilir dengan melibatkan stakeholder. Demikian sambutan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Badung yang disampaikan Wakil Ketua TP. PKK Kabupaten Badung Nyonya Kristiani Suiasa pada acara pembukaan pelatihan pengolahan sampah di Ruang Sandat Gosana DKP Badung, Selasa (26/7) lalu. Hadir dalam acara tersebut Ketua Gatriwara Kabupaten Badung Nyonya Ayu Parwata, perwakilan dari Darma Wanita Persatuan, perwakilan dari kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI ibu Agnes, perwakilan Aqua Danone Indonesia, perwakilan dari camat, lurah dan kepala Desa se-Kabupaten Badung.

                Lanjut disampaikan Nyonya Kristiani Suiasa, keberhasilan penanganan sampah di kabupaten badung bukanlah semata-mata menjadi tugas pemerintah, melainkan tugas dan tanggung jawab kita bersama yaitu pemerintah swasta dan masyarakat. Keberhasilan dalam pengelolaan persampahan tidak akan terlepas dari tiga hal yang penting yaitu ketersediaan SDM, sarana dan prasarana serta dukungan partisipasi masyarakat akan peduli dengan sampah serta teknologi ramah lingkungan yang mampu merubah sampah menjadi barang yang bernilai ekonomis dengan secara aktif melakukan pengelolaan sampah. Diharapkan dengan terlaksananya kegiatan ini dapat memberikan peningkatan pengetahuan dan ketrampilan tentang penanganan sampah yang baik dan benar sehingga mengurangi volume sampah yang dibuang ke tempat pemrosesan akhir (TPA) dan menjadi sampah yang dulunya merupakan sumber petaka menjadi sumber ekonomi.
                Ketua Panitia yang juga sebagai Kepala Dinas DKP Badung Putu Eka Mertawan mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan berkat kerjasama dengan tim penggerak PKK kabupaten Badung beserta komponennya seperti Gatriwara kabupaten Badung dan darma wanita persatuan Kabupaten Badung. Pihaknya bersama sama ingin membut agar badung bersih dengan mengelola sampah dengan pola menggunakan sampah 3 R yaitu Re-Duce, Re-Use maupun Re-Cycle. "Kami juga ingin memperkenalkan pengelolaan sampah terkini yang berorientasi pada hasil dan indikatornya jelas yaitu GOTIK (Gojek Sampah Plastik). Kami memfokuskan pada berkurangnya timbunan sampah plastik yang utama. Manfaat yang dirancang sedemikian rupa dan dilihat secara nyata yakni berkurangnya timbunan sampah plastik ," terangnya. Dikatakan, dulu sampah plastik dibuang tetapi  sekarang sampah plastik menjadi uang dan gotik menjadi ikon dalam pengelolaan sampah. Gotik sangat simpel dan mudah, cukup dengan lewat sms, facebook pihaknya akan siap menjemput tepat waktu walaupun dengan personil yang terbatas. Sasaran yang dituju hampir semua sekolah yang ada di wilayah kabupaten badung. Saat ini baru 60% dipenuhi, namun diharapkan tahun ini sampai dengan tahun 2017 seluruh sekolah, pasar tradisional maupun destinasi pariwisata akan dilayani. "Saat ini target hanya 50 kg per hari, tetapi hasilnya hampir mencapai 100 kg per hari atau ekuivalennya 1 ton perbulan. Hasil ini sangat luar biasa bagi kami karena begitu cepatnya tanggapan dari masyarakat," tambahnya.
                Diharapkan gotik bisa menjadi solusi utama dalam mengurangi sampah plastik. Untuk itu Eka Merthawan menghimbau kepada masyarakat untuk mengumpulkan sampah plastik di rumah, dan sudah disiapkan bank sampah keliling , sudah disiapkan petugas untuk menjemput semua sampah baik itu diluar sampah plastik maupun plastik. "Masalah sampah yang dulu dikatakan musibah, setelah adanya gotik kami berusaha menyulapnya menjadi berkah," katanya. Kedepan Eka Merthawan berupaya menggandeng investor yang mempunyai modal untuk mengelola sampah tersebut menjadi pernak pernik yang bernilai tinggi.
     

    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK