Subak Abian yang berasas Tri Hita Karana

  • 2013-04-19 11:33:00
  • Admin
  • 293 Pengunjung
Subak Abian yang berasas Tri Hita Karana

Acara dihadiri pula oleh Kepala desa, pemangku adat serta kelompok Subak Abian. Ketua Kelompok Tani Subak Abian Bukit Sari Br. Lawak Desa Belok Sidan menyampaikan” kelompok Subak Abian Bukit Sari Br. Lawak Belok Sidan Petang dengan jumlah anggota sebanyak 27 orang dengan perkembangan perkebunan yang dihasilkan oleh kelompok Subak Abian Bukit Sari diwasa ini cukup menggembirakan dimana hasil dari perkebunan ini dapat memberikan nilai lebih.

Kegiatan kelompok ini sudah mengarah pada usaha agribisnis yang meliputi, aspek usaha aspek usaha agribisnis perkebunan (sistem dan kondisi tata cara berkebun yang baik , skala usaha kelompok, asal bibit, seleksi bibit, penanganan dan pencegahan penyakit, aktivitas dan rencana kegiatan kelompok serta mitra kerjasama), aspek usaha agribisnis (sistem pengolahan lahan pasca panen, pemanfaatan tanah, pemasaran hasil, pengembangan kemitraan, perkembangan pendapatan dan modal kelompok serta analisa usaha kelompok), aspek usaha agribisnis kelembagaan (pengelolaan organisasi dan kelembagaan, aktivitas kelompok, pengembangan pelatihan serta manfaat usaha bagi kelompok dan penduduk sekitar).

Sementara itu Kadis Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kab. Badung dalam kesempatan ini diwakili Kabid Perkebunan Badung Dwi Arya menyampaikan   dengan berbasiskan Tri Hita Karana Dalam rangka pendampingan dan pengawalan mempercepat dn merangsang pertumbuhan dan terwujudnya pengembangan agribisnis di Subak Abian. (Kelompok Tani) di lahan kering yang merupakan perkebunan rakyat tetap dapat terjaga. Lebih lanjut Dwi Arya mengatakan” dari 76 Subak Abian yang ada di Kabupaten Badung beberapa yang sudah mampu munumbuh kembangkan usaha Agribisnisnya dengan membentuk usaha produktif..

Ketua Tim Penilai Dwi Arya mengatakan, tujuan dari lomba ini disamping merupakan salahsatu sarana juga untuk melihat sejauhmana penerapan dalam keorganisasian serta memenejemen kelompok Subak Abian mengembangkan perkebunan dalam pemanfaatan lahan. Tahun ini Kelompok Tani Subak Abian berprestasi dievaluasi sebanyak 3 (Tiga) kelompok, yang diwakili oleh Kelompok Subak Abian Giri Sari Br. Bon, Desa Belok Sidan, Subak Abian Bukit Sari Br. Lawak Desa Belok Sidan dan Subak Abian Alas Harum Br. Sebatu Bayan Desa Taman Kecamatan Abiansemal.  Para Duta ini juga disamping diberikan motivasi dan inovasi juga dalam rangka menganekaragamkan usaha di Subak sehingga upaya integrasi dengan sub sektor lainnya menjadi terpadu.