Situs Terkait

No. Nama Deskripsi
1 Konservasi Tak Bisa Dipisahkan dari Pembangunan

31 Oktober 2019, Medan, Indonesia – Pemerintah Nasional dan Daerah, pihak swasta, perwakilan LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) dan organisasi masyarakat berkumpul di Kota Medan dalam lokakarya dua hari yang membahas pengembangan ekonomi dan manajemen sumber daya alam di provinsi Sumatera Utara dan Aceh. Lokakarya ini merupakan inisiatif dari Koalisi untuk Kesejahteraan Berkelanjutan (Coalition for Sustainable Livelihoods), sekelompok organisasi pemberdayaan masyarakat dan sektor swasta yang bekerja sama dengan pemerintah untuk memajukan pembangunan berkelanjutan di kawasan ini.

2 RKUHP: Untungkan Pelaku Korporasi Perusak Lingkungan

Jakarta, Jumat, 20 September 2019 – Kian hari DPR mengebut pengesahan beberapa rancangan undang-undang, termasuk RKUHP yang digadang-gadang menjadi maha karya anak bangsa. Namun, pembahasan RKHUP dilakukan secara diam-diam pada 14-15 September 2019. Kami menilai rancangan terakhir per 15 September 2019 masih terdapat banyak kecacatan, tidak terkecuali perumusan tindak pidana lingkungan hidup dan pertanggungjawaban korporasi. Lebih lanjut, pemerintah dan DPR tak peduli dengan konsekuensi rancangan yang cacat tersebut dengan menyetujuinya pada rapat tingkat 1 di DPR Rabu, 18 September 2019 siang.

3 Duh, Warga Garut Semprotkan Cairan Limbah Industri Kulit ke Jalan Raya

Kesal tuntutannya untuk tidak membuang limbah ke sungai tidak digubris pengusaha pengolahan kulit. Ratusan warga dari tiga kampung yakni Sumbersari, Ciwalen dan Tanjung, Kecamatan Garut Kota, Garut Jawa Barat, akhirnya nekat menggelontorkan cairan limbah kulit ke jalan raya.

4 MA Tolak Gugatan Soal Sampah Plastik, Koster Siapkan Dua Pergub Lagi

Setelah sempat dibikin “nyut-nyutan” dengan adanya gugatan dari Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI) terhadap Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 97 Tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik, Gubernur Bali Wayan Koster mengaku makin sreg bikin aturan baru. Khususnya pergub yang berkaitan dengan persoalan lingkungan.

5 Pergub Pembatasan Sampah Plastik Digugat ADUPI, Wagub Bali Siap Hadapi Gugatan

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Provinsi Bali, Made Teja membenarkan adanya gugatan tersebut.

Teja memperkirakan gugatan dilayangkan karena dianggap merugikan bisnis ADUPI. Sambungnya, gugatan itu kini ditangani tim hukum Pemprov Bali.



 

6 Penguasaan Lahan Timpang, Pemerintah Percepat Reforma Agraria

Indonesia memiliki kawasan hutan yang meliputi 63% wilayah daratan. Namun, menurut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan penguasaan lahan di dalam kawasan hutan mengalami ketimpangan yang tinggi antara penguasaan swasta dan masyarakat. Diketahui, hanya 4,14% lahan kawasan hutan yang dikuasai masyarakat

7 KLHK Targetkan Penanaman Pohon Seluas 230 Ribu Hektare di 2019

 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menargetkan penanaman pohon seluas 230 ribu hektare pada 2019. Rencana itu tertuang dalam program Pengendalian Daerah Aliran Sungai (DAS) dengan pagu anggaran Rp 3,5 triliun.

8 Menteri Siti Kirim Dirjen Dampingi Istri Pejabat LHK Korban JT 610

Salah satu pejabat di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Ubaidillah Salabi menjadi salah satu penumpang Pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di Perairan Karawang. Menteri LHK Siti Nurbaya mengirim perwakilan untuk mendampingi istri Ubaidillah.

9 Konferensi Lingkungan Hidup Dunia Ke-4 Digelar di Bali Besok

Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi Lingkungan Hidup Dunia, yang digelar di Bali. Para menteri lingkungan hidup negara-negara anggota United Nation Environment Programme (UNEP) akan hadir dalam pertemuan itu.

10 Menteri LHK akan Rehabilitasi Besar-besaran di Sulsel

Bencana banjir dan longsor di wilayah Sulawesi Selatan yang menelan korban tewas hingga 79 orang adalah salah satu bukti parahnya kerusakan lingkungan. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengatakan kementeriannya akan berupaya melakukan rehabilitasi besar-besaran.