Struktur Organisasi & Tupoksi

  • Dibaca: 1372 Pengunjung

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dipimpin oleh Kepala Badan yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah. Badan dalam melaksanakan tugasnya menyelenggarakan fungsi yaitu :

  • Penyusunan kebijakan teknis sesuai dengan lingkup tugasnya;
  • Pelaksanaan tugas dukungan teknis sesuai dengan lingkup tugasnya;
  • Pemantuan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis sesuai dengan lingkup tugasnya;
  • Pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi-fungsi penunjang Urusan Pemerintahan Daerah sesuai dengan lingkup tugasnya; dan
  • Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya

Uraian tugas di masing-masing bidang sebagai berikut :

Sekretariat mempunyai tugas :

  • Merencanakan, mengatur, membina, mengkoordinasikan dan mengendalikan pelaksanaan tugas kesekretariatan yang meliputi urusan perencanaan, keuangan, umum, kepegawaian, perlengkapan, barang milik daerah dan pelaporan;
  • Menyusun rencana kegiatan Sekretariat berdasarkan rencana kerja dan kebutuhan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas Badansesuai ketentuan peraturan perundang–undangan;
  • Mengkoordinasikan bidang-bidang dan para Sub Bagian dalam merumuskan program kerja dan sistem kerja operasional bidang tugasnya sesuai ketentuan peraturan perundang - undangan;
  • Melaksanakan koordinasi yang diperlukan antar instansi/lembaga terkait melalui kepala Badan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Menyusun dan merumuskan langkah–langkah operasional ketatausahaan sebagai pedoman pelaksanaan tugas sesuai ketentuan peraturan perundang–undangan;
  • Mengkoordinasikan penyusunan kebutuhan anggaran Badandengan masing-masing bidang ;
  • Menyelenggarakan pengelolaan administrasi perkantoran dan memberikan pelayanan pembinaan administrasi umum;
  • Mengkoordinasikan penyusunan kebutuhan sarana prasarana dan kebutuhan rumah tangga Badan;
  • Mengkoordinasikan penyusunan dokumen-dokumen perencanaan, capaian kinerja dan laporan pengelolaan barang milik daerah, laporan keuangan dan laporan lainnya sesuai kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Mengevaluasi dan memonitoring pencapaian target-target kinerja dan anggaran;
  • Mengkoordinasikan penyusunan rencana kerja, program dan pelaporan serta pembinaan organisasi dan tata laksana;
  • Melaksanakan pengelolaan administrasi keuangan, administrasi kepegawaian, administrasi umum, kerumahtanggaan dan kehumasan;
  • Mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing;
  • Mengkoordinasikan penyusunan standar operasional prosedur;
  • Memberi bimbingan dan petunjuk kepada bawahan dibidang tugasnya baik lisan maupun tertulis sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melaksanakan pengawasan internal terhadap pelaksanaan tugas bawahan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melakukan penilaian terhadap pelaksanaan tugas bawahan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan karier bawahan;
  • Melakukan evaluasi terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melaporkan pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya dan laporan lainnya sesuai kebutuhan sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan; dan
  • Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

Sekretariat dipimpin oleh Sekretaris yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan.

Sekretariat terdiri dari :

  1. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian; dan
  2. Sub Bagian Perencanaan, Keuangan dan Pelaporan.

Uraian tugas masing-masing Sub Bagian yaitu :

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas :

  • Menyiapkan bahan, menyusun perencanaan program dan anggaran kegiatan sesuai dengan kebutuhan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas Badan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melaksanakan koordinasi yang diperlukan antar Sub Bagian/Kepala Sub Bidang intern Badanmelalui Sekretaris sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Menyusun langkah teknis operasional dibidang tugasnya sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Menyusun standar operasional prosedur pada bidang tugasnya;
  • Melaksanakan penataan dan pengelolaan administrasi kepegawaian;
  • Menyiapkan dan mengolah data, formasi dan absensi pegawai sesuai dengan kebutuhan;
  • Melaksanakan administrasi perjalanan dinas;
  • Menyusun analisis kebutuhan diklat peningkatan kapasitas pegawai;
  • Melaksanakan urusan surat menyurat, penggandaan naskah dinas, ekspedisi dan administrasi perkantoran lainnya;
  • Melaksanakan pengelolaan kearsipan;
  • Menyusun rencana kebutuhan sarana dan prasarana, serta kebutuhan rumah tangga;
  • Melaksanakan kegiatan pengadaan dan pemeliharaan sarana prasarana;
  • Mengelola dan mendistribusikan sarana prasarana sesuai dengan kebutuhan;
  • Mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing;
  • Memberi bimbingan dan petunjuk kepada bawahan dibidang tugasnya baik lisan maupun tertulis sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melaksanakan pengawasan internal terhadap pelaksanaan tugas bawahan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melakukan penilaian terhadap pelaksanaan tugas bawahan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan karier bawahan;
  • Melakukan evaluasi terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melaporkan pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya dan laporan lainnya sesuai kebutuhan sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan; dan
  • Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

Sub Bagian Perencanaan, Keuangan dan Pelaporan mempunyai tugas :

  • Menyiapkan bahan, menyusun perencanaan program dan anggaran kegiatan sesuai dengan kebutuhan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas Badansesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melaksanakan koordinasi yang diperlukan antar Sub Bagian/Kepala Sub Bidang Intern Badanmelalui Sekretaris sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Menyusun langkah teknis operasional dibidang tugasnya sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Menyusun standar operasional prosedur pada bidang tugasnya;
  • Melaksanakan tata usaha keuangan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melaksanakan pengelolaan urusan keuangan;
  • Menyiapkan dokumen administrasi dan pertanggungjawaban pelaksanaan keuangan;
  • Menyiapkan bahan penyusunan rencana anggaran dan belanja Badan, pembukuan serta administrasi keuangan;
  • Menyiapkan bahan pertanggungjawaban administrasi keuangan;
  • Mengkoordinasikan dan merekapitulasi Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) masing-masing bidang dan sekretariat sebagai bahan penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Badan;
  • Mengumpulkan bahan perumusan program kerja berdasarkan rencana program Sekretariat dan Bidang-bidang;
  • Mengumpulkan bahan penyusunan Rencana Strategis (RENSTRA) dan Rencana kerja (RENJA);
  •  Mengumpulkan bahan, mengolah data dan menyusun laporan capaiankinerja;
  • Menyiapkan bahan penyusunan laporan evaluasi kegiatan, belanja modal dan realisasi anggaran;
  • Menyiapkan bahan pelaksanaan dan evaluasi kegiatan melalui sistem informasi manajemen berbasis elektronik;
  • Mengumpulkan bahan penyusunan dokumen-dokumen perencanaan, capaian kinerja dan, laporan keuangan dan laporan lainnya sesuai kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing;
  • Memberi bimbingan dan petunjuk kepada bawahan dibidang tugasnya baik lisan maupun tertulis sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melaksanakan pengawasan internal terhadap pelaksanaan tugas bawahan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melakukan penilaian terhadap pelaksanaan tugas bawahan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan karier bawahan;
  • Melakukan evaluasi terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melaporkan pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya dan laporan lainnya sesuai kebutuhan sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan; dan
  •  Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

Masing – masing Sub Bagian dipimpin oleh Kepala Sub Bagian yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris.

 

Bidang Mutasi dan Informasi Aparatur

mempunyai tugas:

  • Menyusun rencana program kegiatan dibidang tugasnya berdasarkan rencana dan kebutuhan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas Badansesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Mengkoordinasikan para kepala Sub Bidang dalam merumuskan perencanaan program kegiatan dan sistem kerja operasional bidang tugasnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Mengkoordinasikan dengan bidang lainnya dalam hal dan keterpaduan tugas untuk kelancaran pelaksanaan tugas sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Menyusun langkah teknis operasional dibidang tugasnya sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Menyusun standar operasional prosedur pada bidang tugasnya;
  • Merumuskan kebijakan mutasi dan promosi;
  • Menyelenggarakan proses mutasi dan promosi;
  • Mengkoordinasikan pelaksanaan mutasi dan promosi;
  • Memverifikasi dokumen mutasi dan promosi;
  • Mengevaluasi dan pelaporan pelaksanaan mutasi dan promosi;
  • Mengkoordinasikan pelaksanaan administrasi pemberhentian;
  • Memverifikasi dokumen administrasi pemberhentian;
  • Memverifikasi database informasi kepegawaian;
  • Mengkoordinasikan penyusunan informasi kepegawaian;
  • Mengevaluasi dan pelaporan kegiatan pemberhentian dan pengelolaan informasi;
  • Mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing;
  • Memberi bimbingan dan petunjuk kepada bawahan dibidang tugasnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melaksanakan pengawasan internal terhadap pelaksanaan tugas bawahan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melakukan penilaian terhadap pelaksanaan tugas dan prestasi kerja bawahan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan karier bawahan;
  • Melaksanakan evaluasi terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melaporkan pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya dan laporan lainnya sesuai kebutuhan sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan; dan
  • Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

         

Bidang Mutasi dan Informasi Aparatur dipimpin oleh Kepala Bidang yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan.

Bidang Mutasi dan Informasi Aparatur terdiri dari :

  1. Sub Bidang Mutasi;
  2. Sub Bidang Pengembangan Karier dan Promosi; dan
  3. Sub Bidang Data dan Informasi;

Uraian tugas masing-masing Sub Bidang yaitu:

Sub Bidang Mutasi mempunyai tugas :

  • Menyiapkan bahan penyusunan rencana kegiatan dibidang tugasnya berdasarkan rencana dan kebutuhan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas Badan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melakukan koordinasi yang diperlukan antar sub bagian dan Sub Bidang internBadansesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Menyusun langkah teknis operasional dibidang tugasnya sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Menyusun standar operasional prosedur pada bidang tugasnya;
  • Merencanakan dan melaksanakan mutasi;
  • Memverifikasi dokumen mutasi;
  • Mengevaluasi dan pelaporan kegiatan mutasi;
  • Membuat daftar penjagaan pensiun dan kenaikan pangkat;
  • Memverifikasi dokumen usulan pensiun dan berkas usulan kenaikan pangkat;
  • Mengusulkan berkas kenaikan pangkat;
  • Memverifikasi draft keputusan kenaikan pangkat;
  • Memproses kenaikan gaji berkala;
  • Mengevaluasi dan pelaporan hasil kegiatan kepangkatan;
  • Mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing;
  • Memberi bimbingan dan petunjuk kepada bawahan dibidang tugasnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melakukan pengawasan internal terhadap pelaksanaan tugas bawahan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melakukan penilaian terhadap pelaksanaan tugas dan prestasi kerja bawahan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan karier bawahan;
  • Melakukan evaluasi terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melaporkan pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya dan laporan lainnya sesuai kebutuhan sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan; dan
  • Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan. 

 

Sub Bidang Pengembangan Karier dan Promosi

mempunyai tugas :

  • Menyiapkan bahan penyusunan rencana kegiatan dibidang tugasnya berdasarkan rencana dan kebutuhan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas Badansesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melakukan koordinasi yang diperlukan antar sub bagian dan Sub Bidang intern Badan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Menyusun langkah teknis operasional dibidang tugasnya sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Menyusun standar operasional prosedur pada bidang tugasnya;
  • Menyusun pedoman pola pengembangan karier;
  • Menyusun daftar urutan kepangkatan;
  • Melaksanakan administrasi penempatan dari dan dalam jabatan pegawai berdasarkan klasifikasi jabatan;
  • Menganalisis dan memverifikasi berkas usulan promosi;
  • Merencanakan dan melaksanakan promosi;
  • Memverifikasi dokumen promosi;
  • Mengevaluasi dan pelaporan pengembangan karir dan promosi;
  • Mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing;
  • Memberi bimbingan dan petunjuk kepada bawahan dibidang tugasnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melakukan pengawasan internal terhadap pelaksanaan tugas bawahan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melakukan penilaian terhadap pelaksanaan tugas dan prestasi kerja bawahan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan karier bawahan;
  • Melakukan evaluasi terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melaporkan pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya dan laporan lainnya sesuai kebutuhan sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan; dan
  • Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

Sub Bidang Data dan Informasi

mempunyai tugas :

  • Menyiapkan bahan penyusunan rencana kegiatan dibidang tugasnya berdasarkan rencana dan kebutuhan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas Badan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melakukan koordinasi yang diperlukan antar sub bagian dan Sub Bidang internBadan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Menyusun langkah teknis operasional dibidang tugasnya sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Menyusun standar operasional prosedur pada bidang tugasnya;
  • Merencanakan pengembangan sistem informasi kepegawaian;
  • Mengelola sistem informasi kepegawaian;
  • Menyusun data kepegawaian;
  • Mengevaluasi sistem informasi kepegawaian;
  • Mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing;
  • Memberi bimbingan dan petunjuk kepada bawahan dibidang tugasnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melakukan pengawasan internal terhadap pelaksanaan tugas bawahan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melakukan penilaian terhadap pelaksanaan tugas dan prestasi kerja bawahan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan karier bawahan;
  • Melakukan evaluasi terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melaporkan pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya dan laporan lainnya sesuai kebutuhan sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan; dan
  • Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.
  • Masing – masing Sub Bidang dipimpin oleh Kepala Sub Bidang yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Mutasi dan Informasi Aparatur.

 

Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia

mempunyai tugas:

  • Menyusun rencana program kegiatan dibidang tugasnya berdasarkan rencana dan kebutuhan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas Badan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Mengkoordinasikan para kepala Sub Bidang dalam merumuskan perencanaan program kegiatan dan sistem kerja operasional bidang tugasnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Mengkoordinasikan dengan bidang lainnya dalam hal dan keterpaduan tugas untuk kelancaran pelaksanaan tugas sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Menyusun langkah teknis operasional dibidang tugasnya sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Menyusun standar operasional prosedur pada bidang tugasnya;
  • Merumuskan kebijakan pengembangan kompetensi;
  • Menyelenggarakan pengembangan kompetensi;
  • Mengkoordinasikan dan kerjasama pelaksanaan seleksi jabatan;
  • Merencanakan kebutuhan diklat penjenjangan dan sertifikasi;
  • Memfasilitasi pelaksanaan diklat teknis fungsional;
  • Mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing;
  • Memberi bimbingan dan petunjuk kepada bawahan dibidang tugasnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melaksanakan pengawasan internal terhadap pelaksanaan tugas bawahan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melakukan penilaian terhadap pelaksanaan tugas dan prestasi kerja bawahan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan karier bawahan;
  • Melaksanakan evaluasi terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melaporkan pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya dan laporan lainnya sesuai kebutuhan sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan; dan
  • Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia dipimpin oleh Kepala Bidang yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan.

Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia terdiri dari:

  1. Sub Bidang Diklat Penjenjangan dan Sertifikasi;
  2. Sub Bidang Diklat Teknis Fungsional; dan
  3. Sub Bidang Pengembangan Kompetensi;

Uraian tugas masing-masing Sub Bidang yaitu :

Sub Bidang Diklat Penjenjangan dan Sertifikasi

mempunyai tugas :

  • Menyiapkan bahan penyusunan rencana kegiatan dibidang tugasnya berdasarkan rencana dan kebutuhan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas Badan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melakukan koordinasi yang diperlukan antar sub bagian dan Sub Bidang internBadan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Menyusun langkah teknis operasional dibidang tugasnya sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Menyusun standar operasional prosedur pada bidang tugasnya;
  • Menyusun daftar kebutuhan diklat penjenjangan;
  • Menginventaris data calon peserta diklat penjenjangan;
  • Mengusulkan peserta diklat penjenjangan;
  • Mengusulkan peserta sertifikasi sesuai bidang keahlian;
  • Mengkoordinasikan dan kerjasama pelaksanaan diklat;
  • Memproses usulan peningkatan kualifikasi pendidikan;
  • Mengevaluasi dan melaporkan hasil kegiatan diklat;
  • Mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing;
  • Memberi bimbingan dan petunjuk kepada bawahan dibidang tugasnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melakukan pengawasan internal terhadap pelaksanaan tugas bawahan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melakukan penilaian terhadap pelaksanaan tugas dan prestasi kerja bawahan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan karier bawahan;
  • Melakukan evaluasi terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melaporkan pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya dan laporan lainnya sesuai kebutuhan sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan; dan
  • Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

Sub Bidang Diklat Teknis Fungsional

mempunyai tugas :

  • Menyiapkan bahan penyusunan rencana kegiatan dibidang tugasnyaberdasarkan rencana dan kebutuhan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas Badan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melakukan koordinasi yang diperlukan antar sub bagian dan Sub Bidang intern Badan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Menyusun langkah teknis operasional dibidang tugasnya sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Menyusun standar operasional prosedur pada bidang tugasnya;
  • Menyusun daftar kebutuhan diklat teknis fungsional;
  • Menginventaris data calon peserta diklat teknis fungsional;
  • Mengusulkan peserta diklat teknis fungsional;
  • Mengkoordinasikan dan kerjasama pelaksanaan diklat;
  • Mengevaluasi dan melaporkan hasil kegiatan diklat;
  • Mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing;
  • Memberi bimbingan dan petunjuk kepada bawahan dibidang tugasnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melakukan pengawasan internal terhadap pelaksanaan tugas bawahan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melakukan penilaian terhadap pelaksanaan tugas dan prestasi kerja bawahan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan karier bawahan;
  • Melakukan evaluasi terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melaporkan pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya dan laporan lainnya sesuai kebutuhan sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan; dan
  • Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

Sub Bidang Pengembangan Kompetensi

mempunyai tugas :

  • Menyiapkan bahan penyusunan rencana kegiatan dibidang tugasnya berdasarkan rencana dan kebutuhan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas Badan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melakukan koordinasi yang diperlukan antar sub bagian dan Sub Bidang internBadan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Menyusun langkah teknis operasional dibidang tugasnya sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Menyusun standar operasional prosedur pada bidang tugasnya;
  • Melaksanakan fasilitasi kegiatan pengembangan kompetensi;
  • Memverifikasi berkas usulan kompetensi teknis, manajerial dan sosial;
  • Membuat konsep pelaksanaan seleksi jabatan;
  • Menganalisis metode yang akan digunakan dalam pengembangan kompetensi aparatur;
  • Mengevaluasi dan pelaporan hasil kegiatan pengembangan kompetensi;
  • Mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing;
  • Memberi bimbingan dan petunjuk kepada bawahan dibidang tugasnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melakukan pengawasan internal terhadap pelaksanaan tugas bawahan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melakukan penilaian terhadap pelaksanaan tugas dan prestasi kerja bawahan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan karier bawahan;
  • Melakukan evaluasi terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melaporkan pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya dan laporan lainnya sesuai kebutuhan sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan; dan
  • Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

Masing – masing Sub Bidang dipimpin oleh Kepala Sub Bidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia.

 

Bidang Pengadaan, Penilaian Kinerja dan Penghargaan Aparatur

mempunyai tugas:

  • Menyusun rencana program kegiatan dibidang tugasnya berdasarkan rencana dan kebutuhan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas Badan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Mengkoordinasikan para kepala Sub Bidang dalam merumuskan perencanaan program kegiatan dan sistem kerja operasional bidang tugasnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Mengkoordinasikan dengan bidang lainnya dalam hal dan keterpaduan tugas untuk kelancaran pelaksanaan tugas sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Menyusun langkah teknis operasional dibidang tugasnya sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Menyusun standar operasional prosedur pada bidang tugasnya;
  • Merumuskan kebijakan pengadaan;
  • Menyusun rencana kebutuhan, jenis dan jumlah jabatan untuk pelaksanaan pengadaan;
  • Menyelenggarakan pengadaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja(PPPK);
  • Merumuskan kebijakan penilaian kinerja dan penghargaan;
  • Merencanakan pelaksanaan kegiatan penilai kinerja dan penghargaan;
  • Mengkoordinir kegiatan penilaian kinerja;
  • Mengevaluasi hasil penilaian kinerja;
  • Memverifikasi usulan pemberian penghargaan;
  • Mengkoordinasikan usulan pemberian penghargaan
  • Mengevaluasi dan pelaporan penilaian kinerja dan penghargaan;
  • Mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing;
  • Memberi bimbingan dan petunjuk kepada bawahan dibidang tugasnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melaksanakan pengawasan internal terhadap pelaksanaan tugas bawahan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melakukan penilaian terhadap pelaksanaan tugas dan prestasi kerja bawahan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan karier bawahan;
  • Melaksanakan evaluasi terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melaporkan pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya dan laporan lainnya sesuai kebutuhan sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan; dan
  • Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

Bidang Pengadaan, Penilaian Kinerja dan Penghargaan Aparaturdipimpin oleh Kepala Bidang yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan.

Bidang Pengadaan, Penilaian Kinerja dan Penghargaan Aparaturterdiri dari:

  1. Sub Bidang Pengadaan Aparatur;
  2. Sub Bidang Penilaian dan Evaluasi Kinerja Aparatur; dan
  3. Sub Bidang Disiplin dan Penghargaan; .

Uraian tugas masing-masing Sub Bidang yaitu :

Sub Bidang Pengadaan Aparatur

mempunyai tugas :

  • Menyiapkan bahan penyusunan rencana kegiatan dibidang tugasnya berdasarkan rencana dan kebutuhan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas Badan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melakukan koordinasi yang diperlukan antar sub bagian dan Sub Bidang intern Badan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Menyusun langkah teknis operasional dibidang tugasnya sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Menyusun standar operasional prosedur pada bidang tugasnya;
  • Merencanakan dan melaksanakan pengadaan;
  • Menyusun konsep pelaporan pelaksanaan pengadaan;
  • Mengevaluasi dan pelaporan pengadaan;
  • Merencanakan dan melaksanakan fasilitasi kelembagaan profesi Aparatur Sipil Negara (ASN) (KORPRI dan lembaga profesi ASN lainnya);
  • Mengelola administrasi umum, kepegawaian dan kegiatan keorganisasian untuk mendukung tugas dan fungsi lembaga profesi Aparatur Sipil Negara (ASN);
  • Mengkoordinasikan tata hubungan kerja di setiap jenjang kepengurusan;
  • Mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing;
  • Memberi bimbingan dan petunjuk kepada bawahan dibidang tugasnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melakukan pengawasan internal terhadap pelaksanaan tugas bawahan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melakukan penilaian terhadap pelaksanaan tugas dan prestasi kerja bawahansesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan karier bawahan;
  • Melakukan evaluasi terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnyasesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melaporkan pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya dan laporan lainnya sesuai kebutuhan sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan; dan
  • Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

Sub Bidang Penilaian dan Evaluasi Kinerja Aparatur

mempunyai tugas :

  • Menyiapkan bahan penyusunan rencana kegiatan dibidang tugasnya berdasarkan rencana dan kebutuhan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas Badan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melakukan koordinasi yang diperlukan antar sub bagian dan Sub Bidang internBadan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Menyusun langkah teknis operasional dibidang tugasnya sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Menyusun standar operasional prosedur pada bidang tugasnya;
  • Merencanakan dan melaksanakan penilaian dan evaluasi kinerja aparatur;
  • Membuat informasi terkait indikator penilaian kinerja aparatur;
  • Menganalisis hasil penilaian kinerja aparatur;
  • Mengevaluasi dan pelaporan hasil penilaian kinerja aparatur;
  • Mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing;
  • Memberi bimbingan dan petunjuk kepada bawahan dibidang tugasnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melakukan pengawasan internal terhadap pelaksanaan tugas bawahan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melakukan penilaian terhadap pelaksanaan tugas dan prestasi kerja bawahan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan karier bawahan;
  • Melakukan evaluasi terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melaporkan pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya dan laporan lainnya sesuai kebutuhan sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan; dan
  • Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

Sub Bidang Disiplin dan Penghargaan

mempunyai tugas:

  • Menyiapkan bahan penyusunan rencana kegiatan dibidang tugasnya berdasarkan rencana dan kebutuhan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas Badan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melakukan koordinasi yang diperlukan antar sub bagian dan Sub Bidang intern Badan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Menyusun langkah teknis operasional dibidang tugasnya sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Menyusun standar operasional prosedur pada bidang tugasnya;
  • Merencanakan dan melaksanakan pembinaan aparatur;
  • Memverifikasi tingkat kehadiran aparatur;
  • Mengkaji penjatuhan hukuman disiplin aparatur;
  • Menyusun dan memproses usulan pemberian penghargaan;
  • Mengevaluasi dan pelaporan hasil kegiatan;
  • Mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas kepada bawahan sesuaidengan bidang tugasnya masing-masing;
  • Memberi bimbingan dan petunjuk kepada bawahan dibidang tugasnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melakukan pengawasan internal terhadap pelaksanaan tugas bawahan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melakukan penilaian terhadap pelaksanaan tugas dan prestasi kerja bawahan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan karier bawahan;
  • Melakukan evaluasi terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melaporkan pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya dan laporan lainnya sesuai kebutuhan sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan; dan
  • Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

Masing – masing Sub Bidang dipimpin oleh Kepala Sub Bidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Pengadaan, Penilaian Kinerja dan Penghargaan Aparatur.

  • Dibaca: 1372 Pengunjung