Informasi › Berita
  • Tari Baris Giri Bandana Tampil Pada Pujawali Di Pura Lingga Bhuwana

    Admin Web Badung

    Senin, 22 Juli 2024 10:59 WITA

    Tari Baris Giri Bandana Tampil Pada Pujawali Di Pura Lingga Bhuwana
    Foto : Tari Baris Giri Bandana Tampil Pada Pujawali Di Pura Lingga Bhuwana

    Mangupura

    Tari Baris Giri Bandana merupakan salah satu jenis tari ritual yang baru. Tarian ini digagas secara langsung oleh Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta. Dipentaskan secara perdana oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung dalam rangka Piodalan Catur Rebah di Pura Lingga Bhuwana, Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, bertepatan pada Purnama Sasih Kasa, Sabtu 20 Juli 2024.

    Menurut Dr. A.A. Gede Agung Rahma Putra, S.Sn.,M.Sn., selaku penata tari menjelaskan Tari Baris Giri Bandana menggambarkan kekuatan atau spirit dari Asta Mandala Giri sebagai pusat kekuatan yang menjaga Marwah Pulau Bali. Dijelaskan lebih lanjut, mengenai dasar gerak tari ini yakni Dasa Aksara sebagai dasar pijak terwujudnya suatu gerakan, Gending, vokal, dan lainnya.

    Terkait sumber-sumber referensi tari Giri Bandana pihaknya menjelaskan diperoleh dari sejumlah naskah kuno atau lontar, seperti dalam lontar Sari Manik Herawang dan Utara Bangsul.

    "Tarian ini rencananya akan dipentaskan di Pura Semeru Agung, pada tanggal 26 Juli 2024 dalam bakti penganyaran Pemerintah Kabupaten Badung," ujarnya.


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK