Informasi › Berita
  • Sekda Adi Arnawa Buka Sangeh Festival 2024

    Admin Web Badung

    Senin, 22 Juli 2024 08:37 WITA

    Sekda Adi Arnawa Buka Sangeh Festival 2024
    Foto : Sekda Adi Arnawa Buka Sangeh Festival 2024

    Sekretaris Daerah (Sekda) Badung I Wayan Adi Arnawa hadir sekaligus membuka Sangeh Festival 2024, Jumat (19/7) di Areal Parkir Obyek Wisata Alas Pala Sangeh. Dalam Sangeh Festival ini selain memberi dukungan Sekda Adi Arnawa juga memberikan dana secara pribadi sebesar  Rp10 juta.

     

    Turut hadir dalam kesempatan ini Perwakilan Dinas Pariwisata Badung, Perwakilan Dinas Kebudayaan Badung, Camat Abiansemal IB. Putu Mas Arimbawa serta unsur Tripika Kecamatan Abiansemal, anggota DPRD Badung terpilih Putu Dendy Astra Wijaya, Perbekel se-Kecamatan Abiansemal, Bendesa Adat Sangeh dan Gerana, Kelian Dinas dan Kelian Adat se-Desa Sangeh, Ketua Karang Taruna Badung dan Kecamatan Abiansemal serta tokoh masyarakat setempat.

     

    Sekda Adi Arnawa, dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur karena bisa berkumpul dalam suasana yang bahagia di daerah Wisata Alas Pala Sangeh. Dirinya mengungkapkan bahwa tahun ini adalah kedua kalinya hadir di Sangeh Festival. "Mewakili Bupati Badung, saya mengapresiasi Karang Taruna Desa Sangeh yang sudah melakukan kreatifitas yang sangat luar biasa bisa melaksanakan Sangeh Festival. Mudah-mudahan tujuan dari pada pelaksanaan Sangeh Festival, disamping melestarikan dan menumbuhkan kreativitas generasi muda masyarakat Sangeh khususnya pelestarian adat, seni, budaya juga memberi ruang kepada seluruh UMKM yang ada di Desa Sangeh dan sekitarnya untuk ikut bergabung," ujarnya.

     

    Pemerintah Kabupaten Badung dibawah kepemimpinan Bupati Giri Prasta mendukung acara seperti ini apalagi Perbekel Sangeh, Bendesa Adat Sangeh dan Gerana ikut memberikan dukungan sehingga pelaksanaan kegiatan Sangeh Festival bisa berjalan lancar

     

    "Pemerintah sangat mendukung dan terus melanjutkan kegiatan-kegiatan seperti ini, karena bagaimanapun juga ajang seperti ini, disamping juga kita memberi ruang dalam rangka pelestarian adat, seni dan budaya serta UMKM, kita juga bisa mengenalkan Objek Wisata Alas Pala Sangeh yang sudah mendunia. Untuk itu sudah menjadi kewajiban kita semua untuk bagaimana cara menjaga kelestarian daripada destinasi agar semakin mempesona bagi wisatawan baik mancanegara maupun nusantara," tutup Adi Arnawa.

     

    Sementara itu Ketua Panitia Sangeh Festival Ida Bagus Dwi Richie Putra, mengucapkan puja dan puji syukur kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa. Begitu juga atas kehadiran Sekda Badung bersama undangan lainnya. Dijelaskan kegiatan Sangeh Festival mengambil tema "Asta Brata" dimana Asta Brata diambil dari kata Sansekerta, Asta yang berarti 8 dan Brata yang berarti Perilaku atau Sifat kepemimpinan. Asta Brata melambangkan kepemimpinan dalam 8 unsur kekuatan alam yaitu Langit, Api, Samudra, Bulan, Bintang, Matahari, Bumi dan Angin. 8 unsur alam ini sejalan dengan jumlah Banjar Dinas yang ada di Desa Sangeh, diharapkan dengan bersatunya ke 8 Banjar Dinas di Desa Sangeh dapat menimbulkan kesejukkan, ketentraman dan kedamaian untuk memajukan dan membangun Desa Sangeh agar menjadi lebih baik. Adapun sumber dana yang digunakan untuk kegiatan Sangeh Festival bersumber dari dana APBDes Induk Desa Sangeh Tahun 2024.

     

    Kegiatan Sangeh Festival terlaksana atas dukungan semua pihak, dari anggota DPRD Provinsi Bali Bagus Alit Sucipta, Pemerintah Desa Sangeh, Perbekel dan seluruh jajaran, anggota terpilih DPRD Badung I Putu Dendy Astra Wijaya, Bendesa Adat Sangeh dan Gerana, Pengelola Obyek Wisata Sangeh dan Taman Mumbul Sangeh bersama jajaran serta seluruh masyarakat Desa Sangeh.

     

    "Dapat kami sampaikan rangkain pelaksanaan Sangeh Festival kami isi dengan Parade Gebogan Buah yang diikuti oleh 8 Banjar Dinas terdiri dari 10 orang dan 5 Pemudi dari masing-masing banjar. Di hari kedua kami mengadakan senam massal yang diikuti oleh para Lansia dan masing-masing banjar diikuti 20 orang peserta," jelasnya.


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK