Informasi › Berita
  • HUT Ke-64 ST Mekar Kusuma Tumbak Bayuh, Sekda Adi Arnawa: Sekaa Teruna adalah Garda Terdepan Pelestarian Budaya di Badung

    Admin Web Badung

    Senin, 15 Juli 2024 08:28 WITA

    HUT Ke-64 ST Mekar Kusuma Tumbak Bayuh, Sekda Adi Arnawa: Sekaa Teruna adalah Garda Terdepan Pelestarian Budaya di Badung
    Foto : Hut Ke-64 St Mekar Kusuma Tumbak Bayuh, Sekda Adi Arnawa: Sekaa Teruna Adalah Garda Terdepan Pelestarian Budaya Di Badung

    Sekaa Teruna adalah organisasi pemuda adat di Badung yang memiliki peran penting dalam pelestarian budaya dan tradisi lokal, aktif dalam berbagai kegiatan sosial, budaya, dan kemasyarakatan bahkan pembangunan untuk menjaga identitas dan kekayaan budaya Bali.

     

    "Sekaa Teruna adalah garda terdepan dalam pelestarian budaya dan tradisi Bali. Partisipasi aktif kalian sangat penting untuk mempertahankan identitas kita sebagai masyarakat yang berbudaya melihat Bali dan Badung khususnya sebagai tujuan wisata dunia  dengan core bisnisnya pariwisata budaya," ujar Sekda Adi Arnawa saat memberikan sambutan pada HUT Ke-64 ST. Mekar Kusuma, Br. Gunung Pande, Tumbak Bayuh, Sabtu (13/7).

     

    Pada kesempatan tersebut Sekda Adi Arnawa menyerahkan dana dari Bupati Giri Prasta sebesar Rp. 10 juta, dana pribadi sebesar Rp. 5 juta, anggota DPRD Prov. Bali I Bagus Alit Sucipta sebesar Rp. 7 juta, anggota DPRD Kab. Badung I Wayan Regep sebesar Rp. 5 juta serta bantuan langsung dari Perbekel Tumbak Bayuh sebesar Rp 2,5 juta yang di saksikan oleh Camat Mengwi I Nyoman Suhartana, Bendesa Adat Tumbak Bayuh Ida Bagus Gede Widnyana, Kaling Br. Gunung Pande I Putu Joni Astika, Kelian Banjar Adat Gunung Pande I Made Kurniawan serta masyarakat Br. Gunung Pande.

     

    Peringatan HUT Sekaa Teruna Mekar Kusuma kali ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk memperkuat ikatan sosial dan budaya sekaligus ajang bagi Yowana/Sekaa Teruna untuk menunjukkan kreativitas dan semangat kebersamaan. Anggota Sekaa Teruna agar terus berinovasi dan berkontribusi dalam pembangunan daerah serta menjadi contoh yang baik bagi generasi penerusnya. "Momentum perayaan HUT Ke-64 ST. Mekar Kusuma tidak sekedar hanya ajang peringatan ulang tahun dan pemilihan pengurus baru, akan tetapi bagaimana kita ikut bersama pemerintah untuk menjaga Banjar Gunung Pande dan Desa Tumbak Bayuh. Kita patut berbangga dan memberikan apresiasi kepada Bupati I Nyoman Giri Prasta dengan kebijakan politik anggarannya berkomitmen meningkatkan pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Badung bahkan hingga seluruh Bali, dan saya akan kawal permohonan krama Banjar Gunung Pande menyelesaikan pembangunan yang diusulkan," ungkap Sekda Badung.

     

    Adi Arnawa juga mengatakan bahwa menghadapi beberapa tantangan yakni, pengentasan pengangguran, memiliki program untuk menghasilkan SDM yang berkompeten dan memiliki daya saing global, menguasai aspek pengetahuan serta keterampilan sekaligus sikap kerja sesuai standar kompetensi yang merupakan representasi dari kebutuhan industri atau pasar kerja lokal dan internasional. "Kedepan saya akan dorong Badung untuk memiliki SDM berkualitas bersertifikat dengan bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja yang dibiayai Pemkab Badung untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat sesuai minatnya untuk menciptakan dan menjadikan SDM mumpuni, unggul, siap bersaing memenuhi kebutuhan tenaga kerja di industri pariwisata maupun non industri pariwisata baik lokal maupun luar negeri," imbuhnya.

     

    Perbekel Tumbak Bayuh I Nyoman Sarjana menyampaikan rasa bahagia dan ucapan terima kasih kepada Sekda Badung yang hadir di tengah-tengah masyarakat Tumbak Bayuh pada acara HUT ST. Mekar Kusuma, Br. Gunung Pande. Menurutnya kehadiran Sekda Badung memiliki peran penting untuk pembangunan di Tumbak Bayuh sebagai salah satu pemegang kebijakan Pemkab Badung. Selaku Perbekel akan menjadikan program prioritas mendukung kegiatan Sekaa Teruna dalam pelestarian budaya, pembinaan seni, adat olahraga, akademik pada anggaran Desa. "Saya selaku Perbekel, kedepan untuk pelestarian, pembinaan seni dan budaya menjadi perhatian saya yang akan dianggarkan pada dana Desa Tumbak Bayuh. Saya ucapkan terima kasih kepada Pemkab Badung atas hibah dan bantuan yang telah diberikan sehingga infrastruktur di Tumbak Bayuh menjadi lebih baik. Khusus untuk Br. Gunung Pande, saya mohon kepada Bapak Sekda untuk membantu permohonan hibah perbaikan Balai Adat, Pelinggih, Bale Kulkul dan finishing balai banjar bisa direalisasikan," harapnya.

     

    Panitia pelaksanaan HUT ST. Mekar Kusuma I Putu Arista Yoga Pratama menyampaikan terima kasih atas kehadiran pemerintah saat perayaan HUT ST. Mekar Kusuma yang dirangkai dengan pengangkatan pengurus ST yang baru periode Tahun 2024-2026.


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK