Bupati Tandatangani Prasasti dan Serahkan Simbolis Dana Aci 2,7 Miliar

  • 17 Mei 2018
  • Dibaca: 93 Pengunjung
Bupati Tandatangani Prasasti dan Serahkan Simbolis Dana Aci 2,7 Miliar

Hadiri Puncak Karya Pura Dalem Gede lan Prajapati Abiansemal
Bupati Tandatangani Prasasti dan Serahkan Simbolis Dana Aci 2,7 Miliar

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Rabu (16/5) kemarin menghadiri Puncak Karya Memungkah, Ngenteg Linggih, Mapadudusan Agung, Menawa Ratna, Mapedanan, Mapeselang, medasar Tawur Agung lan Ngusaba Dalem di Pura Dalem Gede lan Pura Prajapati, Desa Adat Abiansemal. 
Kehadiran Bupati bersama Anggota DPRD Badung I Putu Alit Yandinata, Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Badung I Bagus Alit Sucipta, Camat Abiansemal Gst. Ngr. Surya Jaya disambut tarian pendet dari ratusan ibu-ibu PKK se-Desa Adat Abiansemal. Bupati juga secara resmi menandatangani Prasasti Karya. Guna mendukung pelaksanaan yadnya Bupati Giri Prasta menyerahkan secara simbolis bantuan dana aci sebesar Rp. 2,7 M diterima Manggala Karya I Gede Sudarma Bagiadha, dan Bendesa Adat Abiansemal I Putu Drana.
Bupati Giri Prasta mengatakan, Pemkab Badung sangat mendukung pembangunan maupun pelaksanaan karya di Pura Dalem Gede dan Prajapati Desa Adat Abiansemal. Pemkab. ingin selalu hadir ditengah-tengah masyarakat untuk membantu meringankan beban masyarakat Badung. Sebagai pimpinan di Badung, Bupati Giri Prasta ingin menjadikan Desa Dinas dan Desa Adat di Badung sebagai percontohan. Untuk itu dalam menggerakkan ekonomi masyarakat khususnya di Desa Dinas akan diwujudkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Sementara di desa adat akan dibangun Badan Usaha Milik Desa Adat (BUMDA) yang bersinergi dengan LPD milik desa adat. Bupati juga mewajibkan, tiap desa memiliki tempat pengolahan sampah untuk mewujudkan desa bersih dan hijau menuju masyarakat sejahtera. 
Dibagian lain Bupati juga menyampaikan kebijakan Bapak Presiden RI yaitu "Indonesia Hebat Revolusi Mental", diimplementasikan di Badung melalui lima program prioritas yaitu pangan, sandang dan papan, kesehatan dan pendidikan, jaminan sosial tenaga kerja, seni adat agama dan budaya serta pariwisata. "Dengan program prioritas ini, kami ingin memenuhi kebutuhan dasar masyarakat," jelas Bupati.  
Manggala Karya I Gede Sudarma Bagiadha mengatakan, rangkaian karya telah dimulai sejak 1 Maret 2018 lalu dengan matur piuning. Upacara melaspas dan mendem pedagingan telah dilaksanakan pada 25 April, dilanjutkan Tawur Balik Sumpah Madya pada 10 Mei lalu. Sementara pada puncak karya (adhining yadnya) dilaksanakan piodalan ngenteg linggih paingkupan di Pura Dalem dan ngenteg linggih di Pura Prajapati. Dilanjutkan ida bhatara kairing kapeselang, mepepasaran, ngaturang piodalan lan ngaturang ayaban. "Pelaksanaan karya kasanggra krama desa adat abiansemal yang terdiri dari 13 banjar adat," tambahnya. 
Pembangunan pura dilatarbelakangi terjadinya musibah kebakaran pura dalem pada tahun 2016 lalu. Untuk itu Pemkab Badung mendukung penuh pembangunan kembali Pura Dalem dan Pura Prajapati termasuk Wantilan Pura dengan dana mencapai Rp. 10 M. Selain itu Bupati juga memberikan bantuan dana aci sebesar Rp. 2,7 M. 

  • 17 Mei 2018
  • Dibaca: 93 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita