Badung Gelar Syukuran HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI

  • 20 Agustus 2018
  • Dibaca: 124 Pengunjung
Badung Gelar Syukuran HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI

Badung Gelar Syukuran HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI


Usai Aubade dan upacara Penurunan sang saka merah putih, Pemerintah Kabupaten Badung menggelar syukuran serangkaian HUT RI ke-73 di ruang Kertha Gosana, Puspem Badung, Jumat (17/8). Syukuran diisi pemotongan tumpeng oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Ketua DPRD Kabupaten Badung Putu Parwata yang diberikan kepada perwakilan Veteran Republik Indonesia Kabupaten badung, sebagai ungkapan rasa syukur serta terima kasih atas jasa para pejuang dalam merebut dan mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia. Pada kesempatan tersebut Bupati Giri Prasta beserta jajaran juga menyerahkan bingkisan kepada veteran. Acara syukuran juga dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Badung, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Badung, Sekda Badung Adi Arnawa, Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Badung, Pimpinan SKPD dilingkungan Pemkab. Badung, Ketua Organisasi Wanita di Badung serta Paskibraka Kabupaten Badung.
Dalam sambutannya Bupati Giri Prasta menyampaikan di hari Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-73 ini, mari kita tegakkan 4 Pilar Kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI, mengisi Kemerdekaan sesuai dengan ide, gagasan serta cita-cita pendiri bangsa. Lanjut dikatakan, sebagai generasi penerus mempunyai kewajiban moral yang amat besar untuk mengisi kemerdekaan sesuai dengan cita-cita Proklamasi yaitu melaksanakan pembangunan di segala bidang untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, dengan meringankan beban pribadi dan komunal masyarakat melalui program pendidikan, kesehatan, PBB gratis. Beban komunal, membebaskan masyarakat dari iuran kegiatan keagamaan seperti, membangun Pura, Mesjid, Gereja, Vihara, piodalan dan biaya untuk upakara/upacara. "Kalau semua ini telah dibantu, masyarakat tidak perlu mengeluarkan iuran, dengan tujuan agar dana yang dimiliki dapat dikelola di rumah tangga masing-masing sehingga ekonomi menjadi meningkat dan kemiskinan menurun astungkara sampai ke nol persen," jelasnya.
Dalam kesempatan ini juga disampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Badung melalui Bupati, Wakil Bupati dengan Pimpinan dan seluruh anggota DPRD beserta SKPD Pemkab. Badung, telah sepakat di hari Kemerdekaan RI ke-73 ini men'declare khususnya poin ketiga dari Program Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) tentang jaminan sosial. Sudah diputuskan untuk memberikan jaminan kepada krama badung dimasa hari senjanya, krama badung yang usianya 60 tahun keatas yang sakit, tidak bisa beraktivitas dan berkebutuhan khusus diberi santunan, termasuk krama badung lansia yang usianya 72 tahun ke-atas di seluruh Kabupaten Badung diberikan gaji. "Marilah kita bersama-sama bergerak, berjuang untuk membangun Kabupaten Badung menuju Krama Badung Sehat dan Bahagia," paparnya.
Bupati juga memberikan apresiasi tinggi kepada Paskibraka Kabupaten Badung, yang telah menunjukan dedikasinya pada peringatan HUT Kemerdekaan RI. Dari pengibaran sampai menurunkan Sang Saka Merah Putih, dengan penuh rasa tanggung jawab serta disiplin tinggi. Bupati Giri Prasta menekankan kepada generasi muda, generasi milenial Kabupaten Badung agar bisa menjadi generasi muda yang kuat, karena Bung Karno Presiden RI pertama The Founding Father mengatakan pada pidato politiknya, Beri aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia. "Saya merasa bangga dengan generasi muda Badung yang telah mampu menanamkan rasa patriotisme dengan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan. Astungkara apa yang kita cita-citakan bersama untuk Kabupaten Badung bisa berjalan dengan baik, " harapnya.

  • 20 Agustus 2018
  • Dibaca: 124 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita