Kunjungan Presiden ke Desa Kutuh Kecamatan Kuta Selatan

  • 21 Mei 2019
  • Dibaca: 38 Pengunjung
Kunjungan Presiden ke Desa Kutuh Kecamatan Kuta Selatan

SUKSES MEMANFAATKAN DANA DESA, PRESIDEN JOKOWI BERKUNJUNG KE DESA KUTUH, KECAMATAN KUTA SELATAN

           Kuta Selatan merupakan salah satu Kecamatan di Kabupaten Badung, yang terdiri dari tiga Desa dan tiga Kelurahan. Salah satu Desa di Kecamatan Kuta Selatan, yakni Desa Kutuh dikunjungi oleh Bapak Presiden Joko Widodo, pada hari Jumat 17 Mei 2019. Kunjungan Bapak Presiden kali ini ialah untuk meninjau penggunaan dana Desa yang dipergunakan untuk pembangunan Lapangan I Ketut Lotri yang dijadikan sebagai Sport Tourism. Presiden Joko Widodo menilai bahwa Desa Kutuh merupakan salah satu Desa yang berhasil memanfaatkan dana Desa.

            Dana Desa ini terkonsentrasi pada pembangunan Sport Tourism seperti memanfaatkan lapangan untuk menyelenggarakan Kompetisi Internasional dan juga mengembangkan salah satu Sport Tourism berupa “paralayang”. Di sisi lain pengembangan objek wisata Pantai Pandawa juga ikut memberikan kontribusi yang sangat baik guna mendukung perkembangan Badan Usaha Milik Desa Adat (BUMDA) Desa Kutuh. Hasil dari Sport Tourism khususnya “paralayang” saja sudah dapat memberikan penghasilan kurang lebih Rp. 800 juta selama setahun, ditambah lagi dari beberapa usaha-usaha yang di kelola BUMDA dapat memberikan revenue kurang lebihnya Rp.50 Milyar dalam setahun, sehingga semakin menguatkan kesuksesan Desa Kutuh dalam memanfaatkan Dana Desanya sendiri.

          Bapak Presiden Joko Widodo mengatakan "Ini yang namanya bagaimana Dana Desa bisa mentrigger ekonomi yang ada di wilayah. Sehingga masyarakat benar-benar merasakan manfaatnya". Bapak Presiden Joko Widodo menilai usaha yang dilakukan Desa Kutuh sebenarnya bisa dicopy di tempat lain yang memiliki kemiripan, seperti Sumatra, Jawa dan tempat lainya. Yang mana Desa Kutuh menjadi model keberhasilan sebuah desa dalam memanajemen pengelolaan dana desa, menuju kemanfaatan masyarakat. "Sekarang masih tahap pembangunan, jika ini selesai maka ini mempunyai prospek yang sangat bagus,"sebutnya.

  • 21 Mei 2019
  • Dibaca: 38 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita