Lomba Subak Abian Tingkat Kabupaten Badung

  • 11 November 2014
  • Dibaca: 236 Pengunjung
Lomba Subak Abian Tingkat Kabupaten Badung

Bupati Badung Buka Lomba Subak Abian di Pecatu

Subak merupakan bagian dari warisan budaya yang sangat penting untuk dilestarikan. Untuk itu pemerintah Kabupaten Badung setiap tahun melaksanakan penilain subak  melalui  lomba subak   di setiap Kecamatan. Subak Abaian Selonding, Desa Pecatu sebagai duta Kecamatan Kuta Selatan  dalam lomba Subak Abian Kabupaten Badung yang dilaksanakan Senin, 20 Oktober 2014  siap dinilai oleh Tim Penilai Lomba Subak Abian Kabupaten Badung. Rombongan langsung  disambut langsung oleh Camat Kuta Selatan, Wayan Wirya, S.E., M.Si. didampingi oleh Perbekel Pecatu , Prajuru Desa Adat Pecatu, Ketua subak Abian Selonding, Forum Subak Abian Kuta Selatan  dan seluruh warga Subak Abian.

 Acara tersebut dibuka oleh  Bapak Bupati Badung, A.A. Gde. Agung.  Hadir pula Wakil Ketua DPRD Kabupaten Badung, Drs. I Ketut Suiasa, S.H. yang mewakili  Ketua DPRD Badung Forum SKPD Kabupaten Badung dan Ketua Forum Subak Kabupaten Badung, I Wayan Renda. Bupati pada kesempatan tersebut memberikan apresiasi positif dan terimakasih terhadap Subak Abian Selonding telah memberikan kontribusi terhadap pelestarian subak Abian ditengah  pesatnya  perkembangan pariwisata di Kuta Selatan namun tetap eksis keberadaannya. Lebih lanjut Bupati Badung menyatakan bahwa Pemkab Badung berkomitmen untuk memberikan bantuan-bantuan setiap tahunnya serta santunan kepada prajuru subak. Tujuan lomba ini sebagai sarana untuk melestarikan, memberdayakan dan mengembangkan keberadaan subak di kabupaten Badung. 

          Sementara itu, Ketua Subak Abian Selonding,  I Wayan Yasin sebelum menyerahkan Eka Ilikita (profil) kepada Bupati Badung melaporkan bahwa warga subak abian berjumlah 41 KK yang dibagi dalam 2 kelompok yaitu tempekan Selonding dan tempekan Biduk  dengan luas lahan berjumlah 109.920 m2. Dilihat dari mata pencahariannya  75 persen  warga subak beternak sapi. Di samping itu  produk pertanian yang menjadi unggulan subak abian Selonding adalah  Jeruk.

  • 11 November 2014
  • Dibaca: 236 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita